Find Us On Social Media :

Gaya Hidup Sehat Dimulai Sejak Rutin Sarapan, Ini Manfaatnya

Sarapan jangan sampai dilewatkan karena awal dari gaya hidup sehat.

GridHEALTH.id - Sarapan adalah makan pagi yang tidak boleh dilewatkan karena sarapan memulai metabolisme kita dan membantu kita membakar kalori sepanjang hari.

Sarapan juga memberi energi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sesuatu dan membantu kita fokus di tempat kerja atau di sekolah.

Inilah yang mendasari mengapa sarapan menjadi awal gaya hidup sehat yang tak boleh dilewatkan.

Banyak penelitian telah mengaitkan makan sarapan dengan kesehatan yang baik, termasuk memori dan konsentrasi yang lebih baik, kadar kolesterol 'jahat' (LDL) yang lebih rendah, dan kemungkinan lebih rendah terkena diabetes, penyakit jantung, dan kelebihan berat badan.

Melewatkan makan pagi dapat merusak ritme puasa dan makan tubuh. Ketika kita bangun, gula darah yang dibutuhkan tubuh untuk membuat otot dan otak bekerja dengan baik biasanya rendah. Sarapan membantu mengisinya kembali.

Jika tubuh tidak mendapatkan bahan bakar itu dari makanan, kita mungkin merasa kehabisan energi, dan kemungkinan besar akan makan berlebihan di kemudian hari.

Sarapan juga memberi kita kesempatan untuk mendapatkan beberapa vitamin dan nutrisi dari makanan sehat seperti susu, biji-bijian, dan buah-buahan.

Jika kita tidak memakannya, kita tidak akan mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Banyak orang berkilah dengan alasan terburu-buru lalu melewatkan sarapan. Padahal tubuh membutuhkan makanan jauh sebelum makan siang.

Baca Juga: Sarapan Berisi Nutrisi Seimbang Penting Untuk Tumbuh Kembang Anak

Jika melewatkans sarapan, kita mungkin akan sangat lapar di kemudian hari sehingga mengemil makanan tinggi lemak dan tinggi gula.

Anak-anak yang melewatkan sarapan lebih cenderung makan junk food di siang hari dan kelebihan berat badan.