Find Us On Social Media :

Bau Mulut Bukan Masalah di Bulan Puasa, Justru Halitosis yang Harus Diatasi

Halitosis atau bau mulut tak hanya muncul di bulan puasa. Perlu ditangani segera.

GridHEALTH.id - Bau mulut di bulan puasa tidak perlu dipermasalahkan. Sebagai konsekuensi berpuasa adalah kosongnya lambung pada siang hari sehingga menimbulkan bau kurang sedap bagi orang yang sedang berpuasa. Tetapi bau tak sedap yang keluar dari mulut orang yang sedang berpuasa, yang mungkin saja dianggap buruk oleh orang yang tidak berpuasa, justru lebih baik dan lebih harum dalam pandangan Allah SWT dibanding dengan harumnya minyak kesturi.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda. “Semua amal Anak Adam adalah miliknya kecuali puasa, karena puasa itu milik-Ku dan Aku akan membalasnya. Dan Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah dari pada minyak kesturi."(Mutafaq Alaih)

Yang perlu diwaspadai adalah, bukan bulan puasa, dan tidak berpuasa, tapi kita mempunyai bau mulut yang selalu muncul, yang membuat orang menjauh.

"Rongga mulut adalah pintu gerbang ke tubuh kita". Seperti yang sering dikatakan bahwa di dalam mulut yang sehat terdapat pikiran yang sehat, maka sangat penting untuk menjaga rongga mulut dengan sebaik-baiknya.

Halitosis mengacu pada bau busuk yang berasal dari rongga mulut seseorang. Hampir 1 dari 4 orang menderita Halitosis saat ini.

Diperkirakan bahwa halitosis adalah penyebab paling umum ketiga setelah kerusakan gigi dan penyakit gusi, di mana orang mencari perawatan gigi.

Dikutip dari American Dental Association, penyebab umum halitosis adalah;

- Tembakau: Produk tembakau dapat menyebabkan bau mulut yang aneh. Mereka juga dapat meningkatkan risiko penyakit gusi.

Baca Juga: Bau Mulut, Salah Satu Tanda Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

Baca Juga: Perawatan Mata Diabetes Untuk Menghindari Komplikasi Berujung Kebutaan

- Produk makanan: Pecahnya partikel makanan yang menempel di gigi dapat menyebabkan bau tak sedap.

Setelah mencerna beberapa makanan seperti bawang merah dan bawang putih, produk pemecahannya dibawa dalam darah ke paru-paru, mempengaruhi pernapasan.

- Mulut kering: Air liur adalah pembersih alami mulut. Bau mulut bisa menumpuk di rongga mulut jika mulut kering dalam waktu lama.