Find Us On Social Media :

Perawatan Mata Diabetes Untuk Menghindari Komplikasi Berujung Kebutaan

Untuk menghindari komplikasi mata akibat diabetes, penyandang diabetes wajib memeriksakan matanya secara rutin.

GridHEALTH.id - Retinopati diabetik disebabkan karena kadar glukosa darah tinggi yang tidak terkontrol dan jangka panjang dalam tubuh yang merusak retina seseorang, yang menyebabkan masalah penglihatan.

Dengan meningkatnya kasus diabetes, telah terjadi peningkatan jumlah orang yang menderita retinopati diabetik.

Diabetes adalah penyakit di mana kadar gula dalam tubuh tetap lebih besar dari biasanya, merusak sejumlah organ termasuk mata.

Ini menempatkan seseorang pada risiko lebih besar terkena berbagai penyakit mata seperti katarak (mengaburkan lensa alami mata), glaukoma (tekanan mata meningkat) dan retinopati diabetik (kerusakan retina mata), edema retina (pembengkakan mata) dan pelepasan retina dan dalam kasus yang jarang terjadi, kebutaan permanen.

Kunci untuk mencegah semakin memburuknya kondisi mata yang ada dan berbagai komplikasi terkait mata yang disebabkan karena diabetes terletak pada pengelolaan kadar gula darah yang tepat.

Untuk menghindarkan mata dari kebutaan akibat komplikasi diabetes, American Diabetes Association memberikan tips 7 perawatan mata sebagai berikut;

Baca Juga: Diabetes Retinopati Bisa Sebabkan Kebutaan, Ini Penjelasannya

Baca Juga: Distribusi Vaksin Covid-19 Tidak Merata, WHO Serukan Moratorium Suntikan Booster

1. Lakukan pemeriksaan mata secara teratur

Kebanyakan orang yang menyandang diabetes memeriksa kadar gula darah mereka secara teratur dan bahkan mungkin melakukan tes ginjal dan jantung setidaknya sekali dalam setahun, tetapi entah bagaimana mereka melupakan pemeriksaan mata.