Find Us On Social Media :

Cara Mengolah Daging Beku dari Freezer, Bisa Dicairkan atau Langsung Dimasak?

Mengolah daging beku dari freezer bisa dengan dicairkan terlebih dahulu ataupun langsung dimasak.

GridHEALTH.id - Menyimpan daging memang dianjurkan untuk disimpan di dalam freezer agar kondisi tetap beku dan kualitas masih terjaga hingga berbulan-bulan.

Namun seringkali muncul masalah di mana daging sulit untuk mencair dan tidak bisa langsung diolah.

Ternyata, sebelum diolah daging yang diambil dari freezer dan dalam kondisi beku harus terlebih dahulu dicairkan, tentu dengan teknik yang tepat agar kandungan nutrisi sumber protein tidak rusak.

Langsung mengolah daging beku dari freezer yang akan dikonsumsi justru akan berpengaruh pada rasa dan tingkat kematangan masakan.

Pada nyatanya, ada beberapa alternatif yang dapat diterapkan untuk mengolah daging beku dari freezer yang ingin dicairkan dengan lebih mudah dan tetap menjamin kandungan nutrisinya.

Beberapa langkah alternatif yang bisa dilakukan untuk mengolah daging beku dari freezer yang ingin dicairkan, yaitu:

1. Gunakan air dingin - Penggunaan air dingin membantu daging beku dari freezer untuk lebih cepat mencair, namun pastikan daging yang direndam dalam air dingin sudah dimasukkan ke dalam kantong plastik secara rapat dan tidak menyisakan ruang udara.

Pastikan suhu air tetap dingin dan ganti air setiap 30 menit untuk mencairkan daging beku dari freezer sebelum diolah, biasanya sekitar dua jam untuk 1 kg daging beku bisa dicairkan, jika sudah cair segeralah diolah.

Memasak daging beku dari freezer yang sudah dicairkan harus langsung dilakukan untuk menghindari penurunan kualitas daging karena kehilangan kelembapan dari proses pencairan tersebut.

Baca Juga: Hewan Kurban Terindikasi PMK Masih Ditemukan, Ini Cara Memasak yang Benar

2. Gunakan microwave - Mengolah daging beku dari freezer dengan cara dicairkan bisa menggunakan microwave agar lebih cepat dan praktis, karena ada fitur defrosting di dalamnya.

Tapi kekurangannya adalah daging beku dari freezer tidak dapat mencair secara merata.