Find Us On Social Media :

Bekas Luka Gatal yang Digaruk Hilang dengan Treatment Alami Rumahan Ini

Khasiat minyak kelapa murni. Salah satunya untuk menghlangkan bekas luka gatal

GridHEALTH.id - Bekas luka terbentuk sebagai bagian dari proses penyembuhan alami setelah cedera. Ketika dermis, lapisan kedua kulit rusak, tubuh  membentuk serat kolagen untuk memperbaiki kerusakan, menghasilkan bekas luka.

Dalam kebanyakan kasus, semakin cepat luka sembuh, semakin sedikit kolagen yang akan disimpan, dan semakin sedikit bekas luka yang terlihat.

Biasanya, tingkat keparahan bekas luka didasarkan pada tingkat keparahan cedera atau kerusakan. Mereka terbentuk secara berbeda di berbagai bagian tubuh dan berdasarkan usia orang yang terluka.

Sayangnya, banyak dari kita yang ketika luka, lalu menimbulkan gatal, sering digaruk. Padahal ini bisa membuat luka semakin lama sembuhnya, dan apabila sembuh, menimbulkan bekas luka yang tak sedap dipandang mata.

Tidak ada cara yang diketahui untuk membuat bekas luka benar-benar hilang, tetapi banyak yang akan menjadi lebih ringan seiring waktu dengan sendirinya.

Ada juga beberapa perawatan medis dan opsi over-the-counter (OTC), salep penyembuh dan yang dapat membantu mengurangi munculnya bekas luka. 

Tetapi kita juga dapat mencoba pengobatan rumahan yang bersifat alami di bawah ini. 

1. Minyak kelapa

Ada bukti ilmiah terbatas untuk mendukung penggunaan minyak kelapa untuk memudarkan bekas luka.

Sebuah tinjauan 2018 mencatat bahwa minyak kelapa efektif dalam mempromosikan penyembuhan luka dengan mendorong sintesis kolagen, mengurangi peradangan, memperbaiki penghalang kulit, memiliki efek antibakteri dan antioksidan

Panaskan beberapa sendok makan minyak kelapa secukupnya untuk mencairkannya. Pijat minyak ke bekas luka selama sekitar 10 menit.

Biarkan kulit menyerap minyak selama minimal 1 jam. Ulangi dua hingga empat kali setiap hari.

Baca Juga: Ini Dia Panduan Singkat Cara Hilangkan Luka Sariawan di Bibir