Find Us On Social Media :

Ini Dia Panduan Singkat Cara Hilangkan Luka Sariawan di Bibir

By Soesanti Harini Hartono, Jumat, 14 Februari 2020 | 17:09 WIB

Cold sore atau luka dingin tampak pada bibir disebabkan oleh virus herpes simpleks.

GridHEALTH.id - Sariawan di ujung bibir, atau disebut juga cold sore, adalah lepuh kecil yang muncul di atau di sekitar bibir.

Baca Juga: Tanda Awal Kanker Lidah Terlihat Seperti Sariawan Biasa, Kanker yang Membunuh Artis FTV Cecillia Vickend!

Luka ini bisa tidak enak dilihat dan memalukan, jadi tentu saja dapat dimengerti bila kita ingin menyingkirkannya sesegera mungkin.

Berita baiknya adalah cold sore tidak bertahan lama. Luka ini paling sering disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV) tipe 1.

Tidak ada obat untuk virus ini, jadi jika kita terinfeksi, virus akan tetap ada di tubuh kita seumur hidup, dan dapat menyebabkan luka ini berulang.

Namun, sebagian besar luka dingin hilang dalam sekitar 7 hingga 14 hari. Tetapi beberapa perawatan dapat meredakan gejala, mempersingkat durasi luka, dan mengurangi kejadian berulang.

Selama luka yang menyebabkan peradangan berlangsung, kita dapat mengoleskan salep atau gel untuk mengurangi rasa sakit. Obat-obatan yang dijual bebas ini mengandung bahan-bahan seperti benzocaine, lidocaine, dibucaine dan benzyl alcohol.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Kebanyakan Diet Penurunan Berat Badan Gagal Dilakukan

Oleskan salep atau gel ini langsung ke luka, tipis-tipis saja. Idealnya, jangan menyentuh luka dengan tangan, gunakan cotton bud atau tip-Q untuk menghindari penyebaran virus ke bagian lain dari tubuh.