Find Us On Social Media :

Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka Lengkap dengan Harga Terbaru di Apotek

Untuk menghilangkan bekas luka, kita bisa menggunakan salep yang dijual di apotek.

GridHEALTH.id - Kebanyakan orang memiliki setidaknya satu bekas luka. Entah akibat kecelakaan biasa atau cedera traumatis, bekas luka bisa menjadi pengingat permanen masa lalu.Seringkali tidak ada alasan medis untuk menghilangkan bekas luka. Tetapi kita mungkin risih bila masih terlihat bekasnya.

Apa yang menyebabkan jaringan parut atau bekas luka?Selama proses penyembuhan alami tubuh, jaringan parut dapat terjadi ketika cedera kulit lebih dalam dari lapisan pertama kulit. Saat tubuh  menyembuhkan cedera, lapisan kulit baru terbentuk untuk memperbaiki kerusakan jaringan.Ada beberapa jenis bekas luka. Beberapa bekas luka datar dan mungkin berwarna berbeda dari kulit di sekitarnya tetapi tidak begitu terlihat. Tetapi kita mungkin juga memiliki bekas luka yang lebih terlihat, seperti:

- Bekas luka hipertrofik: Bekas luka hipertrofik adalah bekas luka terangkat yang mungkin terasa gatal dan nyeri.

Bekas luka ini biasanya akibat trauma kulit yang mencapai lapisan kulit yang lebih dalam, seperti luka bakar, luka dalam, atau operasi. Jika bekas luka hipertrofik besar terletak di sendi, siku, atau bahu, itu dapat mengurangi fleksibilitas dan gerakan.

- Keloid: Bekas luka keloid juga merupakan bekas luka terangkat yang bisa terasa gatal, nyeri, atau keras.

Ini terbentuk tepat di atas cedera kita dan terus berjalan, menutupi area di luar lokasi cedera juga. Keloid akan sering berkembang dari waktu ke waktu, kadang-kadang lebih dari 3 bulan atau lebih lama, bukan setelah cedera sembuh. Keloid sangat umum terjadi jika kita memiliki warna kulit yang lebih gelap.

- Bekas luka atrofi: Jerawat, yang merupakan kondisi kulit umum yang terjadi ketika kelenjar minyak tersumbat, juga dapat menyebabkan jaringan parut jika jerawat tidak hilang atau sembuh dengan benar.

Bekas luka ini, juga disebut bekas luka atrofi, dapat muncul sebagai cekung atau bopeng.Apa pengobatan terbaik untuk menghilangkan bekas luka?

Baca Juga: Bekas Luka Gatal yang Digaruk Hilang dengan Treatment Alami Rumahan Ini

Baca Juga: Healthy Move, 6 Alasan Mengapa Bersepeda Baik untuk Kesehatan Kita

Karena tidak semua bekas luka sama, penting untuk menemui dokter atau dokter kulit untuk memulai segala jenis perawatan penghilangan bekas luka.

Penyedia akan dapat mendiagnosis jenis bekas luka yang kita miliki. Mereka juga dapat mengesampingkan bukti kanker kulit atau kondisi kulit lainnya.