Find Us On Social Media :

Face Shield Benda Wajib Hadapi New Normal, Begini Cara Membersihkannya

Face shield atau pelindung wajah akan menjadi bagian alat pelindung diri masyarakat menghadapi new normal life.

GridHEALTH.id - Face shield yang tadinya hanya digunakan para tenaga medis kini banyak diperjual belikan dan harganya semakin murah. Bentuknya semakin beragam dan modis, yang terkadang dipadukan dengan topi. Apalagi di youtube kini banyak tutorial cara membuat face shield atau pelindung muka sendiri.

Sebenarnya menurut Charles Bailey, MD, dokter spesialis pencegahan infeksi dari St. Joseph Hospital dan Mission Hospital California AS, masyarakat umumnya tidak terpapar kontak berisiko tinggi, sehingga cukup menggunakan masker dan tidak membutuhkan perlindungan ekstra seperti face shield.

Namun Bailey punya jalan tengah. “Prinsipnya, saat semua orang menggunakan masker, semua orang terlindungi. Namun kami juga menganjurkan masyarakat menggunakan masker ditambah face shield di tempat umum dimana physical distancing sulit dilakukan.

Pilihan masker dan face shield untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona, terutama orang tanpa gejala. Jadi masyarakat dipersilakan mengenakan face shield sebagai perlindungan ekstra saat beraktivitas di luar rumah," ujarnya.

Karena di era the New Normal kemungkinan kita akan sering menggunakan face shield penting untuk memahami cara membersihkan dan mendisinfeksi peralatan pelindung pribadi (APD) ini. 

Anne Nugent Guignon, seorang Dental Hygienist di Amerika Serikat menghabiskan berjam-jam mencoba untuk mendapatkan jawaban bagaimana cara membersihkan face shield yang tepat.

Baca Juga: Era New Normal Semua Wajib Pakai Masker Saat Keluar Rumah, Tapi Khusus 3 Tempat Ini Harus Ditambah Face Shield

Baca Juga: Masuki New Normal, Jepang Buka Kembali Taman Hiburan, Dilarang Menjerit Saat Naik Roller Coaster dan Tetap Physical Distancing Saat Masuk Rumah Hantu

Anne menghubungi banyak distributor dan produsen dan sejujurnya ada sangat sedikit konsensus mengenai cara merawat perangkat ini, tetapi inilah yang ia pelajari.