Find Us On Social Media :

4 Alasan Utama Mengapa Setelah Menikah Jangan Menunda Kehamilan

Menunda kehamilan setelah menikah tidak direkomendasikan karena berisiko pada ibu dan bayinya. (*)

GridHEALTH.id – Sejumlah pasangan muda sering menunda memiliki momongan setelah menikah. Banyak pertimbangannya, mulai ekonomi yang belum mapan hingga belum siap menjadi orangtua.

Sah-sah saja sebenarnya. Meski demikian ada hal-hal yang harus diperhatikan jika pasangan memutuskan untuk tidak buru-buru memiliki anak. Misalnya perlu ada kesepakatan yang jelas, sampai kapan hal itu akan berlangsung.

Secara umum menunda kehamilan tidak menyebabkan suatu penyakit tertentu, jika dilakukan dengan cara yang benar. Salah satu cara menunda kehamilan adalah dengan alat kontrasepsi.

Tetapi  menunda kehamilan hingga menyebabkan kondisi tersebut bisa memberi sejumlah dampak. Oleh karena itu, kehamilan pertama menjadi hal yang sangat penting.

Melansir dari thehealthsite.com, berikut adalah empat alasan yang membuat menunda kehamilan pertama bukanlah pilihan yang tepat.

1. Kesuburan menurun seiring bertambahnya usia

Menunda kehamilan pertama akan membuat kita selangkah lebih dekat dengan ketidaksuburan. Penyebabnya adalah jumlah sel telur dalam ovarium kita akan menurun seiring dengan pertambahan usia.

Baca Juga: Catat, Ini 6 Cara Menunda Kehamilan Tanpa Mengurangi Kesuburan

Baca Juga: Dua Minggu Pertama Tanda Awal Kehamilan yang Jarang Disadari Wanita

Baca Juga: 4 Bahaya Mengintai Bila Sering Kerja Lembur Sampai Larut Malam

Wanita yang telah mencapai usia 30-an seringkali mengalami masalah kesuburan dikaitkan dengan menurunnya ovulasi. Selain itu, bertambahnya usia juga dikaitkan dengan endometriosis (penyumbatan saluran telur).