Find Us On Social Media :

3 Dari 4 Pasien Masih Alami Gejala Covid-19 6 Bulan Setelah Tertular

Gejala Covid-19 masih menetap pada pasien bahkan 6 bulan setelah dinyatakan terinfeksi.

GridHEALTH.id - Lebih dari tiga perempat orang yang dirawat di rumah sakit karena virus corona masih menderita setidaknya satu gejala Covid-19 setelah enam bulan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada 9 Januari 2021.

Para ilmuwan percaya penelitian tersebut menunjukkan perlunya penyelidikan lebih lanjut terhadap efek virus corona yang masih ada.

Penelitian tersebut, yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet dan melibatkan ratusan pasien di kota Wuhan di China, adalah di antara sedikit yang melacak gejala jangka panjang infeksi Covid-19.

Ditemukan bahwa kelelahan atau kelemahan otot adalah gejala yang paling umum, sementara orang juga melaporkan kesulitan tidur.

"Karena Covid-19 adalah penyakit baru, kami baru mulai memahami beberapa efek jangka panjangnya pada kesehatan pasien," kata penulis utama Bin Cao, dari National Center for Respiratory Medicine.

Profesor tersebut mengatakan penelitian tersebut menyoroti perlunya perawatan berkelanjutan bagi pasien setelah mereka keluar dari rumah sakit, terutama mereka yang mengalami infeksi parah.

Baca Juga: Tahun Ke-2 Pandemi Covid-19 'Bisa Lebih Sulit', WHO Memperingatkan

Baca Juga: Penyandang Diabetes Ternyata Boleh Makan Enak Asalkan Menjaga Porsi

"Pekerjaan kami juga menggarisbawahi pentingnya melakukan studi lanjutan yang lebih lama pada populasi yang lebih besar untuk memahami spektrum penuh dari efek Covid-19 terhadap manusia," tambahnya.