Find Us On Social Media :

Tahun Ke-2 Pandemi Covid-19 'Bisa Lebih Sulit', WHO Memperingatkan

Direktur Program Keadaan Darurat Kesehatan WHO Michael Ryan dan Maria Van Kerkhove, Pimpinan Teknis WHO mengapit Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

GridHEALTH.id - Tahun kedua pandemi Covid-19 mungkin lebih sulit daripada yang pertama mengingat bagaimana virus corona menyebar, terutama di belahan bumi utara, karena lebih banyak varian menular yang beredar, demikikan pernyataan baru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hari ini, Rabu 19 Januari 2021, waktu setempat.

“Kami akan memasuki tahun kedua ini, bahkan bisa lebih sulit mengingat dinamika transmisi dan beberapa masalah yang kami lihat,” kata Mike Ryan, pejabat tinggi darurat WHO, dalam diskusi media sosial dari Kantor Pusat WHO di Jenewa, Swiss (19/01/2021).

Dengan kata lain, memasuki tahun kedua ini, dinilai lebih sulit mengingat dinamika transmisi dan varian virus yang semakin kompleks.

Jumlah kematian di seluruh dunia mendekati 2 juta orang sejak pandemi dimulai, dengan 91,5 juta orang terinfeksi.

WHO, dalam pembaruan epidemiologi terbaru yang dikeluarkan semalam, mengatakan setelah dua minggu lebih sedikit kasus yang dilaporkan, sekitar lima juta kasus baru dilaporkan minggu lalu, kemungkinan akibat dari melemahnya pertahanan selama musim liburan di mana orang dan virus, datang bersamaan.

Baca Juga: Pengalaman Brasil, Vaksin Covid-19 Sinovac Lebih Efektif Bila Interval Antara Dua Suntikan Lebih Lama

Baca Juga: Wanita Dapat Memperkirakan Kapan Menopausenya Dengan Melihat Ibunya

“Pastinya di belahan bumi utara, khususnya di Eropa dan Amerika Utara, kami telah melihat badai musim yang sempurna seperti itu, dingin, orang-orang berkumpul di dalam rumah, percampuran sosial yang meningkat dan kombinasi faktor-faktor yang telah mendorong peningkatan penularan di banyak negara, Kata Ryan.