Find Us On Social Media :

Obat Radang Sendi Tocilizumab Kurangi Risiko Kematian Covid-19, Studi

Tocilizumab yang biasa digunakan untuk pengobatan rheumatoid arthritis, mengurangi risiko kematian pada pasien Covid-19 menurut studi di Inggris.

GridHEALTH.id - Obat radang sendi tocilizumab mengurangi risiko kematian di antara pasien yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19 parah, juga mempersingkat waktu pemulihan dan mengurangi kebutuhan ventilasi mekanis, hasil studi ini ditunjukkan para ahli di Inggris pada Kamis (11/02/2021) di Inggris.

Temuan yang didapat dari uji coba Randomized Evaluation of COVID-19 Therapy (RECOVERY), yang telah menguji berbagai pengobatan potensial untuk Covid-19 sejak Maret 2020, akan memberi kejelasan apakah Tocilizumab memiliki manfaat untuk pasien.

"Kami sekarang tahu bahwa manfaat tocilizumab meluas ke semua pasien Covid-19 dengan kadar oksigen rendah dan peradangan yang signifikan," kata Peter Horby, profesor penyakit menular di Universitas Oxford di Inggris dan peneliti utama bersama pada uji coba RECOVERY, dikutip Reuters (12/02/2021).

Pada bulan Juni tahun lalu, uji coba RECOVERY menemukan bahwa steroid deksametason yang murah dan tersedia secara luas mengurangi tingkat kematian sekitar sepertiga di antara pasien Covid-19 yang sakit paling parah.

Obat itu dengan cepat menjadi bagian dari perawatan standar yang direkomendasikan untuk pasien yang parah.

Tocilizumab, yang salah satunya dijual dengan merek dagang Actemra oleh Roche, adalah obat antibodi monoklonal antiradang intravena yang digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis.

Baca Juga: Lakukan 5 Gerakan Jari Sederhana Ini Untuk Redakan Gejala Arthritis

Baca Juga: 4 Cara Penanganan Luka Diabetes Agar Terhindar Dari Amputasi

Obat ini mulai ditambahkan ke uji coba pada April 2020 untuk pasien dengan Covid-19 yang membutuhkan oksigen dan memiliki bukti peradangan.