Find Us On Social Media :

Teladan Nabi Muhammad SAW; 'Berhenti Makan Sebelum Kenyang' Ternyata Memang Bikin Sehat, Ini Alasannya

Makan berlebihan tidak disarankan di dalam hadist Nabi Muhammad SAW. Beliau malah mengatakan, 'Berhentilah Sebelum Kenyang'.

GridHEALTH.id - Kita sering mendengar ajaran  Nabi SAW lewat hadistnya yang mengatakan berhentilah makan sebelum kenyang, dan ternyata luar biasa manfaatnya bagi kesehatan kita.

Pramono, ahli gizi dari Banjarmasin dikutip dari Tribun News (30/02/2020) menjelaskan alasan ilmiah dari hadist ini. Sebenarnya bahaya apa saja jika kita tidak menghentikan makan sebelum kenyang?

Jika kita makan terus dan berlebihan tanpa berhenti, maka akan terjadi gangguan pencernaan.

Makan secara berlebihan dalam Islam jelas dilarang Nabi SAW telah memberi tuntunan bahwa perut sebaiknya terdiri tiga bagian yakni sepertiga bagian makanan, sepertiga air dan yang penting juga sepertiga udara.

Jika jumlah makanan dalam lambung terlalu banyak atau melebihi kapasitas enzim pencernaan yang yang diproduksi, maka makanan tidak tercerna dengan sempurna.

"Makanan yang tidak tercerna sempurna ini kemudian masuk ke usus dan menyebabkan fermentasi, salah cerna, dan menimbulkan gas," jelas Pramono dalam tulisannya di grup facebook Gerakan Sadar Gizi.

Baca Juga: 5 Penyebab Kepala Pusing Setelah Makan, Salah Satunya Diabetes

Baca Juga: Riset, Satu dari Dua Orang Berpotensi Terkena Kanker Pada Suatu Saat Dalam Hidup Mereka

Akibat makan berlebihan dapat juga timbul gejala berupa rasa sakit perut dan perut dirasakan penuh dan membengkak, hal ini dibuktikan dengan bersendawa yang keras bertubi-tubi.