Find Us On Social Media :

5 Penyebab Kepala Pusing Setelah Makan, Salah Satunya Diabetes

Penyebab kepala pusing setelah makan ternyata banyak, di antaranya diabetes dan tekanan darah tinggi.

GridHEALTH.id - Rasa pusing dan sakit kepala juga bisa muncul setelah makan. Istilah pusing setelah makan, dalam dunia medis disebut vertigo postprandial.

Dilansir Medical News Today, ada lima penyebab kepala pusing setelah makan atau vertigo postprandial;

1. Gula darah rendah

 Orang yang merasa pusing sebelum makan dikarenakan kadar gula darah turun. Nah, ketika kita sudah makan, kadar gula darah akan naik, dan pusing tadi perlahan hilang. 

Namun, beberapa orang justru mengalami penurunan gula darah setelah makan. Dalam dunia medis, hal ini disebut hipoglikemia reaktif.

Kebanyakan penderita diabetes dan pradiabetes sangat mungkin mengalami hipoglikemia reaktif karena tubuh mereka memproduksi terlalu banyak insulin. Meski begitu, ada juga orang tanpa diabetes yang berpeluang mengalami hipoglikemia reaktif.

Sebagai contoh, orang yang baru saja menjalani operasi biasanya dapat mencerna makanan dengan lebih cepat dan hal ini membuat tubuh lebih susah menyerap glukosa.

Kekurangan enzim pencernaan tertentu juga dapat menurunkan gula darah. Karena itu, pemeriksaan dapat dilakukan untuk mengidentifikasi diabetes dan prediabetes pada mereka yang berisiko.