Find Us On Social Media :

Teh Herbal Membantu Menghindari Dehidrasi di Bulan Ramadan, Studi

Menambahkan teh herbal sebagai minuman di bulan puasa bisa menghindari dehidrasi.

GridHEALTH.id - Minum teh herbal setelah buka puasa (buka puasa malam) dianjurkan untuk menghindari dehidrasi pada hari-hari Ramadan yang panjang dan panas.

Profesor Gülay Koçoğlu dari Departemen Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Cumhuriyet di Turki, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa nutrisi adalah yang paling penting selama puasa yang lama di bulan Ramadan.

Koçoğlu mengatakan bahwa mereka yang berpuasa perlu menerima cairan dalam jumlah yang cukup sebelum berpuasa.

Dia mengatakan, biasanya diperlukan konsumsi 2 atau 2,5 liter cairan setiap hari dan jumlah ini harus ditingkatkan selama Ramadan.

“Minimal konsumsi air antara 10 hingga 12 gelas. Hindari minuman berkafein seperti teh atau kopi meningkatkan dehidrasi melalui ekskresi urine.

Orang yang berpuasa dianjurkan mengonsumsi sup, jus buah dan sayuran segar, susu, ayran, air mineral, rebusan dingin, buah-buahan dan teh herbal seperti teh chamomile, sage, adas, dan melissa."

Baca Juga: Teladan Nabi Muhammad SAW; 'Berhenti Makan Sebelum Kenyang' Ternyata Memang Bikin Sehat, Ini Alasannya

Baca Juga: Pengharum Rumah, Aroma Relaksasi atau Serangan Pada Sensorik Penciuman?

Koçoğlu juga mengatakan jumlah waktu makan itu penting, menambahkan bahwa lapar selama berjam-jam memperlambat metabolisme, mengubah makanan menjadi lemak di dalam tubuh.