Find Us On Social Media :

Berapa Banyak Garam yang Kita Butuhkan? WHO Membagikan Panduan Baru Untuk Membatasi Asupan Sodium

Sesuai rekomendasi WHO, setiap orang tidak boleh mengonsumsi lebih dari 5 gram natrium atau garam setiap harinya.

GridHEALTH.id - Semua yang kita makan mengandung garam, yang juga disebut natrium. Ini cukup banyak ditambahkan ke hampir setiap hidangan atau minuman yang kita konsumsi, terutama makanan kemasan.

Meskipun mengonsumsi natrium diperlukan untuk menjaga kesehatan, namun bisa berbahaya jika kita mengonsumsi terlalu banyak garam.

Dan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kebanyakan orang di seluruh dunia mengonsumsi garam lebih dari dua kali lipat jumlah yang disarankan.

Baru-baru ini, WHO mengeluarkan panduan baru untuk natrium berdasarkan sumbernya di lingkungan makanan lokal dan kandungan garamnya yang terus meningkat.

Sesuai rekomendasi WHO, orang tidak boleh mengonsumsi lebih dari 5 gram natrium atau garam setiap harinya.

Mengonsumsi lebih banyak garam dari jumlah yang disarankan dapat membuat kita berisiko terkena beberapa penyakit seperti penyakit jantung dan stroke, yang telah menewaskan lebih dari 3 juta orang per hari.

Baca Juga: Ada Hubungan Antara Garam dengan Diabetes, Batasi Makanan Kalengan

Baca Juga: Dokter: 'Skinny Jeans Bisa Membuat Wanita Jadi Korban Fashion'

Rangkaian tolok ukur baru untuk kadar natrium ini dirilis di lebih dari 60 kategori, termasuk roti yang diproses dan dikemas, camilan gurih, produk daging, keju, dan lainnya.