Find Us On Social Media :

Penyakit Infeksi Covid-19 yang Ringan dan Tanpa Gejala, Tetap Bisa Menyebabkan Komplikasi Kesehatan Jangka Panjang

Komplikasi kesehatan jangka panjang yang merugikan bisa terjadi pada pasien yang pulih dari Covid-19 dengan gejala ringan.

GridHEALTH.id - Fakta yang diketahui bahwa banyak pasien yang sembuh dari infeksi COVID-19 menderita komplikasi kesehatan dalam jangka panjang.

Tetapi komplikasi ini biasanya berhubungan dengan penyakit yang parah. Ini juga lebih sering terjadi pada pasien yang lebih tua.

Tetapi sekarang, penelitian baru di Appalachian State University menyoroti kemungkinan dampak kesehatan jangka panjang dari COVID-19 pada orang dewasa muda yang relatif sehat yang tidak dirawat di rumah sakit dan hanya memiliki gejala ringan akibat virus.

Jurnal Experimental Physiology menerbitkan penelitian ini. Kekakuan arteri ditemukan dalam kasus ringan di antara orang dewasa muda yang sehat.

Peningkatan kekakuan arteri khususnya ditemukan pada orang dewasa muda, yang dapat memengaruhi kesehatan jantung, dan juga penting untuk populasi lain yang mungkin memiliki kasus virus yang parah.

Ini berarti bahwa orang dewasa muda dan sehat dengan gejala Covid-19 ringan dapat meningkatkan risiko komplikasi kardiovaskular yang dapat berlanjut selama beberapa waktu setelah infeksi COVID-19.

Baca Juga: 350 Juta Orang di Bumi Alami Depresi, Padahal 'Obatnya' Semudah Ini

Sementara SARS-CoV-2, virus yang diketahui menyebabkan pandemi COIVD-19, terutama ditandai oleh gejala pernapasan, penelitian lain baru-baru ini menunjukkan perubahan fungsi pembuluh darah di antara orang dewasa muda 3-4 minggu setelah terinfeksi SARS-CoV- 2 (Ratchford dkk., 2021).