Find Us On Social Media :

350 Juta Orang di Bumi Alami Depresi, Padahal 'Obatnya' Semudah Ini

Berolahraga tiga kali seminggu menjadi 'obat' untuk mengurangi depresi.

GridHEALTH.id - Dalam sebuah studi yang dilakukan sebagai bagian dari konsorsium penelitian kesehatan masyarakat, para ilmuwan yang berbasis di Inggris mengatakan hubungan yang mereka temukan antara depresi dan olahraga menunjukkan cara-cara untuk secara bersamaan meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

"Dengan asumsi keterkaitannya adalah kausal, aktivitas fisik di waktu senggang memiliki efek perlindungan terhadap depresi," kata Snehal Pinto Pereira dari Institut Kesehatan Anak Universitas College London, yang memimpin penelitian, dikutip dari Mental Health Foundation,

"Jika orang dewasa berusia antara dua puluhan dan empat puluhan yang tidak aktif secara fisik menjadi aktif tiga kali seminggu, mereka akan mengurangi risiko depresi sekitar 16 %."

Depresi adalah salah satu bentuk penyakit mental yang paling umum, mempengaruhi lebih dari 350 juta orang di seluruh dunia.

Itu digolongkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai penyebab utama gangguan mental secara global.

Perawatan untuk depresi biasanya melibatkan pengobatan atau psikoterapi, atau kombinasi keduanya. Namun banyak pasien gagal untuk menjadi lebih baik dan menderita serangan penyakit berulang.

Baca Juga: Malu Karena Uang, Penyebab Tingginya Angka Bunuh Diri di Dunia, Studi

Baca Juga: Edema Makula Diabetik, Gangguan Pada Mata Wajib Diketahui Penyandang Diabetes

Tim Pereira mengikuti 11.135 orang yang lahir pada tahun 1958 hingga usia 50 tahun, mencatat gejala depresi dan tingkat aktivitas fisik mereka secara berkala sebagai orang dewasa.