Find Us On Social Media :

Meningkat, Diabetes Pada Anak-anak, Waspadai Tanda dan Gejalanya

Anak-anak dengan diabetes tipe 1 membutuhkan suntikan insulin atau pompa insulin untuk mengontrol kadar gula darahnya.

GridHEALTH.id - Jumlah anak yang terkena diabetes terus meningkat di seluruh dunia. Diabetes tipe 1, juga disebut diabetes remaja, adalah tipe diabetes yang umum terjadi pada anak-anak dan remaja.

Tapi sekarang semakin banyak orang yang lebih muda, termasuk anak-anak, juga terkena diabetes tipe 2, yang sebelumnya dikenal sebagai diabetes onset dewasa.

Pada penderita diabetes tipe 1, pankreas mereka berhenti membuat insulin - hormon yang mengatur kadar gula darah. Ini terjadi ketika sistem kekebalan mereka menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin.

Tanpa insulin, glukosa darah mereka naik di atas normal. Jadi, penderita diabetes tipe 1 membutuhkan suntikan insulin atau pompa insulin untuk menjaga kadar gula darahnya dalam kisaran normal, bersamaan dengan pengaturan pola makan dan olahraga.

Dalam kasus diabetes tipe 2, seseorang masih memproduksi insulin, tetapi tubuh tidak meresponsnya secara normal. Kondisi ini disebut resistensi insulin dan meningkatkan kadar gula darah, membuat pankreas bekerja lebih keras untuk membuat lebih banyak insulin.

Akhirnya, ini dapat mengurangi kemampuannya untuk menghasilkan insulin yang cukup untuk menjaga kadar gula darah tetap normal.

Baca Juga: Olahraga Selama Kehamilan Mengurangi Risiko Anak Terkena Diabetes

Baca Juga: Penyakit Infeksi Covid-19 yang Ringan dan Tanpa Gejala, Tetap Bisa Menyebabkan Komplikasi Kesehatan Jangka Panjang

Tidak ada yang tahu persis mengapa anak-anak atau orang dewasa mengembangkan diabetes tipe 1, tetapi para peneliti berpikir itu ada hubungannya dengan gen.