Find Us On Social Media :

Infeksi Bakteri Pada Ayam Tak Dimasak Sempurna Bisa Sebabkan Lumpuh

Bakteri Campylobacter jejuni yang masih ada dalam ayam yang tak dimasak sempurna dapat menyebabkan kelumpuhan

GridHEALTH.id - Peneliti AS telah mengidentifikasi bakteri, yang biasa ditemukan pada ayam setengah matang, yang dapat menyebabkan Guillain-Barre Syndrome (GBS).

GBS adalah gangguan autoimun dan merupakan penyebab utama kelumpuhan neuromuskular akut di dunia pada manusia.

Penelitian menunjukkan bahwa jika ayam tidak dimasak dengan suhu internal minimum yang tepat, bakteri Campylobacter jejuni yang masih ada dalam makanan dapat memicu GBS.

Studi menunjukkan bahwa dibutuhkan susunan genetik tertentu yang dikombinasikan dengan strain Campylobacter (bakteri) untuk menyebabkan penyakit ini, kata penulis utama Linda Mansfield, Profesor di Michigan State University, di AS dikutip Journal of Autoimmunity yang terbit September 2020.

Selanjutnya, sebagian besar strain bakteri ditemukan resisten antibiotik, dengan beberapa menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan.

Penggunaan antibiotik tertentu memperburuk tanda-tanda neurologis, lesi dan jumlah antibodi kekebalan yang secara keliru dapat menyerang organ dan jaringan pasien sendiri.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 10 Jenis Penyakit Infeksi Bisa Didapat Saat di Salon

Baca Juga: Komposisi Sonata dari WA Mozart Dapat Mencegah Epilepsi, Studi

Penyebab pasti penyakit autoimun ini masih belum pasti, meskipun beberapa penelitian telah menghubungkan GBS dengan virus Zika, kata para peneliti.