Find Us On Social Media :

Kencan Online, Salah Satu Penyebab Penyakit Infeksi Menular Seksual pada Lansia

Lansia yang aktif secara seksual mungkin berisiko terkena penyakit infeksi menular seksual.

GridHEALTH.id - Penyakit infeksi menular seksual (PMS) pada lansia? Mengapa tidak. Faktanya, PMS pada lansia dari tahun ke tahun terus meningkat.

Orang tua, atau lanjut usia/lansia, yang aktif secara seksual mungkin berisiko terkena penyakit seperti sifilis, gonore, infeksi klamidia, herpes genital, hepatitis B, kutil kelamin, dan trikomoniasis.

Asal tahu saja, berapapun usianya, setiap orang yang aktif secara seksual juga berisiko terinfeksi HIV, virus penyebab AIDS.

Statistik dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah menunjukkan bahwa orang dewasa di atas usia 50 secara konsisten mewakili sekitar setengah dari populasi mereka yang hidup dengan HIV yang didiagnosis di Amerika Serikat (AS).

Karena usia tidak melindungi siapa pun dari penyakit menular seksual, penting bagi lansia dan pengasuh mereka untuk mendidik diri mereka sendiri tentang risiko PMS.

Baca Juga: Tekanan Darah Pada Lansia Mulai Turun 14 Tahun Sebelum Kematian, Studi

Baca Juga: Ramai Antre Isian Oksigen Medis, Satgas Covid-19 Ingatkan Bahaya Penggunaan Tanpa Pantauan Tenaga Kesehatan

Apa saja faktor-faktor yang berkontribusi pada peningkatan PMS di kalangan lansia? Dikutip dari Benjamin Rose Institute of Aging, ini beberapa faktornya;

1. Tren baru dalam pengobatan telah memberikan solusi untuk disfungsi ereksi.

Obat-obatan ini telah memungkinkan lebih banyak pria untuk terlibat dalam aktivitas seksual sepanjang usia mereka yang lebih tua.