Find Us On Social Media :

Jangan Pernah Memberikan Madu Pada Bayi, Bahaya Botulisme Mengancam

Pemberian madu pada bayi di bawah 12 bulan, bisa menyebabkan botulisme.

GridHEALTH.id - Botulisme adalah penyakit langka namun serius yang disebabkan oleh racun yang menyerang saraf tubuh dan menyebabkan kesulitan bernapas, kelumpuhan otot, dan bahkan kematian.

Toksin ini dibuat oleh Clostridium botulinum dan terkadang bakteri Clostridium butyricum dan Clostridium baratii. Bakteri ini dapat menghasilkan racun dalam makanan, luka, dan merusak usus bayi.

Bakteri yang membuat toksin botulinum ditemukan secara alami di banyak tempat, tetapi jarang membuat orang sakit.

Bakteri ini membuat spora, yang bertindak seperti lapisan pelindung. Spora membantu bakteri bertahan hidup di lingkungan, bahkan dalam kondisi ekstrim.

Spora biasanya tidak menyebabkan orang sakit, bahkan saat dimakan. Tetapi dalam kondisi tertentu, spora ini dapat tumbuh dan membuat salah satu racun paling mematikan diketahui.

Kondisi di mana spora dapat tumbuh dan menghasilkan toksin adalah lingkungan rendah oksigen atau tanpa oksigen (anaerob), asam rendah, rendah gula, rendah garam, kisaran suhu tertentu, dan air dalam jumlah tertentu.

Baca Juga: Terkenal Menyehatkan, Jangan Berikan Madu Sebagai Makanan Bayi!

Baca Juga: Covid-19 Tidak Bisa Dianggap Sebagai Flu Karena Memiliki Implikasi Kesehatan Jangka Panjang, Studi

Misalnya, makanan yang dikalengkan, diawetkan, atau difermentasi secara tidak benar dapat memberikan kondisi yang tepat bagi spora untuk tumbuh dan membuat toksin botulinum.