Find Us On Social Media :

Healthy Move, 5 Cara Olahraga Selain Bugar Juga Bermanfaat Bagi Otak

Aktivitas fisik seperti jogging, berenang, berjalan atau menari diketahui bermanfaat bagi otak.

GridHEALTH.id - Banyak dari kita yang masih mengira, penurunan berat badan adalah satu-satunya hal yang kita dapatkan dari olahraga teratur.

Padahal, selain manfaat kesehatan lainnya, aktivitas fisik secara teratur memastikan pasokan darah yang kaya oksigen ke otak, sehingga meningkatkan memori, kecerdasan, dan perhatian serta menghilangkan stres dan depresi.

Berikut 5 cara olahraga yang bermanfaat bagi otak dan manfaat latihan rutin untuk mempertahankan fungsi kognitif;

1. Mencegah gangguan kognitif ringan

Menurut temuan yang diterbitkan dalam Journal of American Geriatrics, ada hubungan antara adaptasi otot dengan pelatihan resistensi progresif dan fungsi otak di antara mereka yang berusia di atas 55 tahun.

2. Mempertajam memori

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Acta Psychologica mengungkapkan bahwa meningkatkan memori bisa sesederhana melakukan 20 menit latihan klardio.

3. Meningkatkan fungsi otak

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal Cortex, aktivitas fisik seperti jogging, berenang, berjalan atau menari diketahui berkontribusi pada fungsi otak.

Baca Juga: Healthy Move, Berjalan Kaki Sebelum Makan Membakar Kalori Lebih Banyak

Baca Juga: Aurel Hermansyah Jalani Proses Persalinan Sesar, Mertua Berharap Atta -Aurel Punya Anak Banyak, Berapa Kali Maksimal Boleh Melahirkan Sesar?

Ini juga mengurangi kemungkinan Alzheimer seiring bertambahnya usia. Selama tes, orang dewasa melakukan tugas memori lebih baik saat melakukan aktivitas fisik.