Find Us On Social Media :

Berani Mencoba Posisi Baru, Cara Seks di Usia Lansia Tetap Membara!

Seks di usia lansia membuat di usia tua tetap sehat. Coba posisi baru agar lebih intim.

GridHEALTH.id - Aktivitas seksual adalah bagian penting dari hubungan intim, meskipun cenderung menurun seiring bertambahnya usia.

Tetapi meskipun penelitian menunjukkan bahwa frekuensi aktivitas seksual dapat menurun seiring bertambahnya usia, bagi banyak orang tua, seks masih tetap menjadi bagian penting dari kehidupan mereka.

Bukan rahasia lagi bahwa seks dapat membantu menghasilkan faktor "merasa baik" itu. Ini sebagian besar karena saat berhubungan seks, ada pelepasan endorfin, yang menghasilkan perasaan bahagia atau gembira.

Ini tidak hanya berdampak pada kesehatan mental kita, karena kadar endorfin yang lebih tinggi juga dikaitkan dengan aktivasi sistem kekebalan yang lebih besar, yang dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan hubungan seksual dengan pasangannya juga cenderung berbagi hubungan yang lebih dekat. Dan kedekatan dengan pasangan terkait dengan kesehatan mental yang lebih baik.

Penelitian  juga menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua lebih menikmati hidup ketika mereka aktif secara seksual.

Mereka yang mempertahankan tingkat hasrat, aktivitas, dan fungsi seksual mereka di usia lansia melaporkan kesejahteraan secara fisik dan mental yang lebih baik.

Penelitian juga menemukan bahwa pria yang aktif secara seksual di kemudian hari terus memiliki kinerja kognitif yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Penting juga untuk diingat bahwa seks adalah bentuk aktivitas fisik, sering dilakukan dengan intensitas sedang,  yang membakar hampir empat kalori per menit. Semua olahraga datang dengan manfaat kesehatan, dan seks tidak berbeda.

Baca Juga: Perubahan Alami Pada Tubuh Bukan Penghalang Melakukan Seks di Usia Lansia

Baca Juga: Curhat Penyintas 2 Kali Terkena Covid-19, ' Gejala Omicron Lebih Ringan Tetapi Masa Pemulihan Lama', Ketahui Berapa Lama Infeksi Dapat Berlangsung, Menurut CDC

Jadi, sangat mungkin bahkan lansia mendapatkan manfaat kesehatan mental dan fisik dari aktivitas seksual secara teratur.Tentu saja, seks bukan satu-satunya faktor yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan di usia tua.