Find Us On Social Media :

Healthy Move, Pasien Kanker yang Sedang Kemoterapi Tetap Perlu Berolahraga Secara Teratur, Ini Manfaatnya

Tetap melakukan olahraga rutin meski dikemoterapi bermanfaat bagi pasien kanker.

GridHEALTH.id - Kemoterapi menggunakan bahan kimia untuk membunuh sel kanker. Diyakini masih jadi metode yang dapat menyembuhkan kanker pasien dengan menghancurkannya, mengurangi gejala yang ditimbulkannya, atau mempersiapkan tubuh untuk perawatan lain dengan mengecilkan kanker dan membuatnya lebih mudah ditangani.

Sayangnya, karena bahan kimia memiliki efek merusak pada kanker, mereka juga dapat mempengaruhi bagian tubuh lainnya. Potensi efek samping kemoterapi sangat banyak, antara lain perdarahan, mual, muntah, kelelahan, sembelit, rambut rontok, diare, dan lain-lain.Efek samping ini umumnya mereda setelah perawatan kemoterapi berhenti, tetapi dalam beberapa kasus, mereka dapat berlanjut lebih lama.

Paket kemoterapi bagi penyandang kanker dapat memakan waktu tiga hingga enam bulan untuk diselesaikan, dan ini bisa menjadi jalan yang panjang bagi pasien untuk mengelola banyak efek samping ini setiap hari.

Jumlah efek samping akan bervariasi, tetapi secara umum, pasien sering merasa lelah atau sakit selama perawatan.

Kelelahan dan penyakit yang berkelanjutan ini dapat menyebabkan masalah lain, beberapa pasien mungkin tidak ingin berolahraga.Ketika kita lelah, kita mungkin tidak ingin melakukan apa pun selain istirahat. Jenis kelelahan ini tidak teratasi dengan istirahat. Oleh karena itu, kelelahan tidak hanya akan bertahan, tetapi itu juga berarti aktivitas harian kita bisa sangat terbatas, termasuk olahraga.Secara umum, olahraga baik untuk kita. Ini memiliki banyak manfaat mulai dari kesehatan tulang hingga perbaikan suasana hati. Sebagai pasien kanker, meskipun kelelahan mungkin membuat kita 'malas', olahraga sama pentingnya, kata American Cancer Society.Tidak aktif selama waktu ini dapat menyebabkan kelemahan otot, penurunan rentang gerak, dan hilangnya fungsi tubuh.

Sebaliknya, tetap seaktif mungkin dan melakukan olahraga ringan selama kemoterapi dapat memberikan banyak manfaat, termasuk peningkatan tingkat energi.Olahraga telah terbukti membantu meningkatkan kualitas hidup pada mereka yang dirawat dengan kemoterapi. 

Peningkatan ini berasal dari dampak positifnya pada kualitas tidur, kesehatan mental, fungsi kekebalan tubuh, fungsi otak, kekuatan, dan pengurangan efek samping kemoterapi. Bahkan, itu bahkan dapat mengurangi risiko terkena kanker baru di masa depan.

Baca Juga: Dosis Obat Harian Disfungsi Ereksi Viagra Bisa Mengurangi Risiko Kanker Kolorektal Pada Pria, Studi

Baca Juga: Curiga Anak Terkena Pneumonia? Deteksi Dini Hitung Kecepatan Napasnya

Meskipun olahraga dianggap aman untuk sebagian besar pasien kanker, disarankan untuk berbicara dengan profesional kesehatan untuk menentukan olahraga apa yang terbaik untuk kita.

Meskipun mungkin sulit, lakukan apa yang kita bisa untuk tetap aktif selama kemoterapi, dan  mungkin akan melihat banyak manfaat. (*)