Find Us On Social Media :

Bayi Ngiler Berlebih, Ada Beberapa Hal Penting yang Harus Orangtua Periksa

Bayi Ngiler wajar, tapi jika mengalami hal ini bawa ke dokter ya.

GridHEALTH.id - Bayi ngiler wajar.

Itu cirinya kecukupan atau kebuhan air dalam tubuhnya cukup.

Tapi ngiler yang seperti itu tidak heboh dan berlebih.

Bagaiaman jika sudah berlebih?

Menurut dr. Anthony Christian Darmawan, Sp.A, dokter anak dari RSIA Bunda Jakarta, hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi bayi ngiler adalah jangan panik.

"Kita jangan terlalu panik yang pertama," ucap dr. Anthony. Apabila dirasa bayi mengeluarkan air liur yang lebih banyak dari anak-anak usianya, harus perhatikan beberapa hal penting ini."Pastikan nomor satu anaknya nggak ada keluhan-keluhan yang menyertai seperti demam, sering gumoh, atau ada sariawan di mulutnya," papar dr. Anthony. Apabila Si Kecil masih berusia di bawah 6 bulan, maka ini cara tepat yang bisadilakukan untuk mengatasi bayi ngiler. "Kalau anaknya ngiler dalam posisi tidur, kita bisa miringkan aja," jelasnya. "Biar aja ilernya keluar, tinggal di alaskan dengan kain supaya nggak kotor ke mana-mana," sambung dr. Anthony lagi.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutil di Leher Saat Hamil, Perlu Diperhatikan Baik-baik!

Sementara bila Si Kecil mengeluarkan air liur saat sedang beraktivitas, biarkan saja air liurnya keluar. Dikatakan dr. Anthony, segala hal yang keluar dari mulut dan hidung itu harus dikeluarkan."Kalau misalnya ada sesuatu yang keluar dari mulut dan hidung, itu ada baiknya di keluarkan. Jangan malah kita posisikan supaya bayinya menelan," jelasnya. Sebab apabila cairan yang keluar dari mulut dan hidung tidak dikeluarkan, maka cairan tersebut dapat masuk pada paru-paru Si Kecil. Nah, saat bayi beranjak besar, bisa mulai mengajarkannya untuk membuang air liurnya. "Kalau anaknya sudah lebih besar, ajarin gimana caranya buang air liu," tukas dr. Anthonydr. Anthony menjelaskan, untuk menangani bayi ngiler sebenarnya tidak ada obat-obatan khusus yang harus rutin di konsumsi. Sebab obat-obatan itu hanya diperuntukkan untuk anak yang memanng memiliki penyakit bergejala berat. Apabila ngiler saat dalam posisi digendong, biarkan dia mengiler saat sedang dalam di posisi di gendong dan jangan lupa berikan alas.

Bawa ke dokter jika saat ngiler bayi demam, suaranya terdengar agak serak, hingga nyeri menelan. Apabila bayi menunjukkan gejala tersebut maka ada kemungkinan memiliki infeksi di sistem tenggorokan. (*)

Baca Juga: Kaya Akan Manfaat, Konsumsi Belimbing Wuluh Untuk Atasi Hipertensi!

 Artikel ini telah publish di nakita.id, dengan judul; Begini Cara Mengatasi Bayi Ngiler Berlebihan yang Tepat Menurut Dokter Anak, Kuncinya Jangan Panik!