Find Us On Social Media :

Titik Pijat Penting, Teknik Pijat Sendiri untuk Meredakan Sakit Kepala

Teknik akupresur untuk pijat sendiri untuk mengatasi sakit kepala.

GridHEALTH.id -  Akupresur adalah praktik kuno dari pengobatan tradisional Tiongkok. Akupresur menerapkan  tekanan pada titik-titik tertentu pada tubuh untuk mengontrol gejala seperti nyeri atau masalah pencernaan.Ini digunakan dalam beberapa jenis terapi pijat seperti latihan Jepang "Shiatsu." Ini juga dapat dilakukan sebagai bagian dari perawatan akupunktur, atau kita dapat melakukan akupresur pada diri sendiri.

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, kelancaran aliran "Qi" melalui tubuh sangat penting untuk kesehatan.

Qi paling baik didefinisikan sebagai kekuatan hidup yang beredar di sekitar tubuh kita dalam 14 saluran atau meridian.Titik-titik tekanan adalah titik-titik di sepanjang saluran energi ini yang dapat membantu membebaskan aliran "Qi". Mereka kadang-kadang disebut acupoints.Ahli akupunktur menggunakan titik tekanan yang sama, tetapi mereka mengaksesnya dengan jarum. Akupresur hanya melibatkan menekan atau memijat di lokasi titik.Salah satu manfaat akupresur adalah kit dapat melakukannya sendiri. Ini dapat diterapkan pada titik akupuntur tertentu atau digunakan untuk menutupi seluruh area seperti kaki atau tangan.

Dalam falsafah akupresur, kita juuga dapat memijat sendiri. Berikut adalah teknik pijat sendiri untuk meredakan sakit kepala. Perbanyak minum air putih sebelum dan sesudah melakukan pijatl ini.

- Tekan ibu jari  dengan kuat ke arah satu sama lain dan ke pangkal hidung, tepat di bawah dahi. Tahan selama 10 detik, tarik napas dalam-dalam. Ulangi 5 kali.

-  Ambil ibu jari  dan letakkan tepat di bawah dahi,  dengan bantalan sangat dekat dengan pangkal hidung .

Tapi kali ini kita akan menekan dengan kuat ke atas ke arah dahi. Ambil napas dalam-dalam sambil menahan tekanan ini selama 10 detik. Ulangi 5 kali.

- Ambil kedua tangan dan cubit alis elama 10 detik. Bernapas dalam-dalam. Ulangi 5 kali.

Baca Juga: Layak Dicoba, 5 Jenis Terapi Pijat untuk Sakit Kepala Terkait Hipertensi

Baca Juga: Kram Perut Parah Saat Menstruasi? Jangan Abaikan, Bisa Jadi Tanda Menstruasi Tak Normal   

- Tekan tiga jari tengah dengan kuat ke sisi pelipis  dan tambahkan sedikit gerakan melingkar selama 10 detik menggunakan tekanan tetap. Bernapas dalam-dalam. Ulangi 5 kali.Pijat dapat membantu meredakan sakit kepala, dan juga dapat membantu mencegah terjadinya sakit kepala.

Terapi pijat akupresur dapat membantu mengurangi rasa sakit dan rujukan ke leher dan kepala.

Dan menenangkan sistem saraf yang stres secara keseluruhan dapat membawa kelegaan  juga. (*)