Find Us On Social Media :

Hari Kesehatan Nasional, Cara Membuat Obat Tradisional Untuk Atasi Asam Urat

Daun salam dan sereh, digunakan sebagai obat tradisional untuk atasi asam urat.

GridHEALTH.id - Asam urat adalah sejenis artritis yang menyebabkan nyeri, bengkak, nyeri tekan, dan peradangan pada persendian, menurut Mayo Clinic.Ini mempengaruhi bagian tubuh yang berbeda seperti telinga, pergelangan tangan, lutut, pergelangan kaki, dan persendian kecil di tangan.Kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh biasanya menyebabkan penyakit asam urat, namun beberapa penyebab lainnya antara lain kurang olahraga, konsumsi alkohol yang tinggi, stres, asupan protein yang berlebihan, dan faktor genetik.

Asam urat juga terkait dengan masalah kesehatan lain yang lebih serius, jadi kita harus mencari perawatan medis yang tepat.Tetapi mencoba membuat obat tradisional untuk atasi asam urat dan dapat mengurangi rasa sakit serta meredakan gejala lainnya. Misalnya dengan penggunaan sereh dan daun salam.

Ya, kedua bahan ini sering dijadikan penyedap masakan.  Fakta lainnya, sereh dan daun salam juga umum digunakan sebagai bahan obat tradisional.

Baca Juga: 7 Jenis Obat Alami Untuk Atasi Asam Urat, Aman Digunakan Segala Usia

Baca Juga: Atasi Bakteri Penyebab Penyakit dengan 5 Antibiotik Alami Berikut Ini

Melansir dari Grid.id, sereh bermanfaat mengeluarkan racun di dalam tubuh dan menurunkan kadar asam urat.  

Daun salam mengandung vitamin C dan A, serta folat yang bermanfaat menurunkan kadar asam urat tinggi.  

Bila ingin merasakan manfaatnya, kita cukup sediakan dua batang sereh segar, 10 lembar daun salam, dan air 700 cc.  

Rebus semua bahan sampai mendidih dan menyisahkan 200 cc air. Dinginkan kemudian saring.  Minum air rebusan sereh dengan daun salam dua kali sehari masing-masing satu gelas. (*)