Find Us On Social Media :

Pilihan Terbaik Obat Cina Pasca Caesar, Mengeringkan Bekas Jahitan

Pien Tze Huang Zhang Zhou, salah satu obat Cina pasca operasi caesar yang bisa dikonsumsi untuk bantu keringkan bekas jahitan. Baca aturan pakai dan manfaatnya di sini.

GridHEALTH.id – Operasi caesar menjadi pilihan aman untuk ibu melahirkan dengan kondisi tertentu dan telah berdasarkan pemeriksaan medis oleh dokter.

Setelah menjalani operasi ini, biasanya seorang ibu akan menjalani perawatan pasca operasi caesar, dengan tujuan memantau perkembangan medis sang ibu dan bayi. Salah satu proses pemulihan yang dialami ibu pasca operasi caesar adalah mengeringkan bekas jahitan.

Biasanya bekas jahitan pascar operasi caesar secara perlahan akan membaik, namun ada beberapa dokter yang menganjurkan untuk menggunakan obat yang bisa membantu memulihkan, seperti obat Cina pasca operasi caesar yang cukup terkenal, Pien Tze Huang Zhang Zhou.

Sebelum mengonsumsi obat Cina ini, simak ulasan berikut ini mengenai manfaat, aturan pakai, dan tanda kegawatdaruratan yang perlu diperhatikan.

Kondisi Pasca Operasi Caesar

Ibu yang baru saja menjalani operasi caesar, biasanya akan berada di rumah sakit selama 2-3 hari untuk menjalankan pemulihan, dengan mempersiapkan untuk menyusui sejak awal.

Umumnya bagian perut yang dioperasi akan terasa sakit pada awalnya, namun bisa membaik dalam satu hingga dua hari. Pada waktu-waktu ini, rahim akan menyusut kembali dengan cara berkontraksi.

Aktivitas menyusui disebut dapat membantu rahim berkontraksi dan menyusut kembali ke ukuran normal. Tidak jarang seorang ibu mengalami pendarahan, hingga memerlukan obat pereda nyeri.

Obat Cina Pasca Operasi Caesar

Obat Cina pasca operasi caesar yang disebut dapat membantu mengeringkan bekas jahitan dan manfaat lainnya adalah Pien Tze Huang Zhang Zhou.

Di Indonesia, obat Cina ini sudah mendapat surat izin edar dari BPOM dengan nomor registrasi TI164250351, dengan pendaftar PT Saras Subur Abadi dan tergolong dalam obat tradisional.

Komposisi kandungan yang terdapat dalam obat Pien Tze Huang Zhang Zhou, melansir dari laman BPOM, yaitu:

- Cow bezoar

Baca Juga: Kenali Metode Bius Untuk Operasi Sesar dan Risiko yang Dirasakan, Benarkah Anastesi Bisa Menyebabkan Kelumpuhan?

- Musk

- Notoginseng radix

- Snake gell

Obat ini berupa dus berisi kapsul dengan setiap butir beratnya tiga gram.

Manfaat Pien Tze Huang Zhang Zhou, Obat Cina Pasca Operasi Caesar

Melansir dari laman resmi produsen Pien Tze Huang, dikatakan bahwa Pien Tze Huang Zhang Zhou yang dikenal sebagai obat Cina pasca operasi caesar memiliki manfaat untuk membersihkan panas tubuh, detoksifikasi, menghilangkan statis darah, mengurangi pembengkakan, mengurangi rasa sakit. Sering digunakan untuk bengkak yang tidak diketahui, memar, dan berbagai radang.

Sedangkan pada laman BPOM, dikatakan obat ini membantu memelihara kesehatan fungsi hati, membantu meredakan demam, secara tradisional membantu sirkulasi darah.

Aturan Pakai Pien Tze Huang Zhang Zhou

Lebih lanjut, produsen obat Cina ini menyebutkan aturan pakai dari obat ini adalah dengan secara oral, diminum 2-3 kali sehari dengan dosis sebanyak 0,6 gram sekaligus dan untuk anak di bawah delapan tahun sebanyak 0,15-0,3 gram sekaligus.

Bisa juga untuk pemakaian luar, caranya mencampurkan bubuk obat Cina ini dengan air dingin atau sedikit cuka, kemudian oleskan pada area yang luka dan sekitarnya, seperti pada bisul. Cara ini bisa digunakan beberapa kali sehari, jaga kelembapan area tersebut.

Selain itu bisa juga mengikuti anjuran dokter dalam pemakaiannya. Perlu diingat, semua obat Cina bisa memiliki reaksi yang berbeda satu dengan yang lain, begitu pun dengan tingkat kemanjurannya.

Oleh karena itu penting untuk mengikuti petunjuk pemakaian atau bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau praktisi TCM yang terpercaya untuk menentukan pemakaiannya.

Bagi wanita hamil disebutkan tidak boleh meminum obat ini. Selain itu, perhatikan risiko munculnya alergi, seperti sesak napas saat konsumsi obat Cina pasca operasi caesar ini. Jika terjadi reaksi alergi, hentikan pengobatan. (*)

Baca Juga: Seorang Ibu di Ciputat Lumpuh Setelah Operasi Caesar, Ternyata Diberi 12 Suntikan Anestesi, Beginilah Prosedur yang Sebenarnya Terjadi