Find Us On Social Media :

Genomik Jadi Cara Tingkatkan Taraf Hidup, Kemenkes Bersama East Ventures Kembangkan Studi Ini, Apa Manfaatnya?

Studi genomik terus dikembangkan sebagai langkah transformasi kesehatan Kemenkes, kali ini bersama East Ventures.

GridHEALTH.id – Transformasi kesehatan menjadi fokus Menkes Budi sebelum mengakhiri masa jabatannya, kali ini Menkes buka Kerjasama dengan perusahaan modal ventura, East Ventures dalam meningkatkan studi genomik Indonesia.

Genomik termasuk dalam biokteknologi yang menjadi bagian dari transformasi kesehatan pilar teknologi kesehatan. Lalu, apa itu genomik dan manfaatnya? Ini ulasannya.

Menkes Budi Buka Kerjasama Dengan Perusahaan Modal Ventura, East Ventures

Menkes Budi mengapresiasi komitmen East Ventures dalam mendukung kemajuan kesehatan Indonesia yang sejalan dengan transformasi kesehatan, khususnya pada pilar transformasi teknologi kesehatan dan bioteknologi.

Hal ini diutarakan oleh Menkes saat menghadiri peluncuran White Paper, Genomic: Leapfrogging into the Indonesian Healthcare Future oleh East Ventures, kemarin (16/02/2023).

Kemenkes sendiri mengharapkan studi genomik ini mampu melahirkan kedokteran presisi untuk pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Menurut Menkes Budi, peluang Indonesia mengikuti negara lain yang sudah memanfaatkan teknologi genomik ini sangat besar, mengingat kondisi Indonesia yang beragam dan kaya akan ragam genetik.

“Indonesia memiliki keanekaragaman genom yang kaya. Banyaknya variasi genomik di negara ini menghadirkan tantangan sekaligus peluang unik, termasuk di bidang kedeokteran,” katanya dalam sambutan pembuka.

“Jadi disetiap krisis, kita bisa melihat dari sudut yang berbahaya dan juga akan ada peluang besar bagi kita untuk maju. Oleh karena itu, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia melihat ini sebagai peluang bagus untuk melakukan reformasi besar-besaran, dan kami telah merancang enam transformasi besar. Salah satunya adalah reformasi teknologi kesehatan, termasuk bioteknologi,” ujar Menkes saat ditemui langsung dalam acara tersebut.

“Pada hal ini saya percaya East Ventures dapat berperan untuk melihat angin peluang selama krisis dan melompat ke era baru sistem kesehatan di Indonesia,” lanjut Menkes Budi.

Dalam penutup kata pengantar White Paper, Genomic: Leapfrogging into the Indonesian Healthcare Future, Menkes Budi mengatakan, “Mari kita semua bergabung bersama untuk memanfaatkan kekuatan genomik dan pengobatan presisi untuk melampaui layanan kesehatan Indonesia dan meningkatkan taraf hidup jutaan orang.”

Apa Itu Genomik?

Melansir dari White Paper, Genomic: Leapfrogging into the Indonesian Healthcare Future menjelaskan genomik adalah studi tentang genom. Genom merupakan rangkaian lengkap informasi genetik yang ada dalam suatu organisme.

Termasuk di dalamnya pengurutan dan analisis DNA, serta studi tentang variasi dan pewarisan genetik.

Baca Juga: Laboratorium Biotek di AS Luncurkan Tes kanker Untuk Temukan Tumor Langka yang Bisa Diobati

Pengembangan genomik di Indonesia masih dalam tahap awal dan Menkes Budi menyadari perlu adanya kerjasama dengan semua pihak dengan menyusun empat pilar utama untuk mencapai tujuan ini, “Kita harus menyusun empat pilar utama, kebijakan atau tata kelola, infrastruktur, pendanaan, dan sumber daya manusia.”

Manfaat Genomik Dalam Transformasi Kesehatan

Dalam peluncuran White Paper, Genomic: Leapfrogging into the Indonesian Healthcare Future oleh East Ventures yang dihadiri langsung Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dikatakan penelitian mengenai genomik ini menjadi bagian dari transformasi kesehatan, khususnya dalam digitalisasi kesehatan terkait bioteknologi.

Genomik memainkan peran penting dalam berbagai bidang, mulai dari kedokteran, pertanian, dan bioteknologi karena dapat digunakan untuk mengembangkan perawatan dan terapi baru, meningkatkan hasil panen, dan menciptakan produk dan teknologi baru.

Perkembangan mengenai penelitian ini juga berkembang pesat, yang dapat mengubah ekosistem perawatan kesehatan.

Dengan mempelajari susunan genetik penyakit, peneliti pun dapat mendapatkan beragam manfaat, seperti:

- Mengidentifikasi target baru untuk obat yang dapat mengarah pada terciptanya pengobatan yang lebih efektif dan spesifik

- Mengidentifikasi penanda genetik yang terkait dengan risiko penyakit, sehingga dapat memprediksi penyakit tertentu yang mungkin untuk berkembang, sehingga bisa dilakukan pencegahan dan intervensi sejak dini

- Diagnosis lebih awal dan akurat melalui pengujian genom

- Genomik bantu mengidentifikasi kesalahan kode DNA, sehingga bisa dirancang strategi untuk memperbaikinya

- Mempelajari susunan genetik sel kanker, peneliti dapat mengidentifikasi secara spesifik mutasi dan terapi bertarget untuk pengobatan kanker yang lebih efektif.

“Kami percaya bahwa teknologi ini akan sangat berperan dalam meningkatkan diagnosa medis, pengobatan, dan pencegahan penyakit berat di Indonesia. Kami akan menggandakan investasi kami di sektor ini, karena kami percaya bahwa genomik membawa kami ke perbatasan yang sebelumnya tak terbayangkan, sistem perawatan kesehatan yang adaptif dan proaktif,” kata Willson Cuaca, selaku Co-Founder dan Managing Partner East Ventures terkait white paper. (*)

Baca Juga: Diet Gen dengan Nutrigenomik, Kendalikan Berat Badan Juga Deteksi Dini Penyakit Kronis dan Menghindarinya