Find Us On Social Media :

Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Terapkan Pola Hidup Sehat Seperti Ini

Ikuti pola hidup sehat penyintas jantung berikut ini untuk jantung sehat.

GridHEALTH.id - Penyakit jantung masih menjadi salah satu penyakit penyebab kematian di Indonesia, dengan biaya perawatan penyakit yang besar.

Untuk mengurangi prevalensi kematian akibat penyakit jantung, maka diperlukan penerapan gaya hidup sehat yang baik untuk jantung.

Kenali berikut ini pentingnya merawat jantung dan beragam pola hidup sehat penyintas jantung yang juga bisa diterapkan oleh orang yang tidak menderita jantung, sebagai upaya pencegahan.

Pentingnya Merawat Jantung

Setiap orang perlu memastikan jantungnya befungsi dengan baik. Berikut ini fungsi dari jantung yang tidak bisa digantikan, yaitu:

- Mengalirkan darah ke seluruh tubuh

- Mengontrol ritme dan kecepatan detak jantung

- Mempertahankan tekanan darah

Inilah alasan mengapa penting untuk merawat jantung agar tetap sehat.

Beragam Jenis Penyakit Jantung

Ada banyak jenis penyakit jantung yang perlu diwaspadai, berikut ini beberapa jenis penyakit jantung yang umum terjadi:

- Angina (nyeri dada karena kurangnya aliran darah)

- Serangan jantung (bagian dari otot jantung mati karena kehilangan aliran darah)

Baca Juga: Ciri-ciri Serangan Jantung yang Bisa Menyerang Usia Remaja, Perhatikan!

- Gagal jantung (kondisi saat jantung tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh)

- Aritmia (masalah pada laju atau ritme detak jantung seseorang)

Adanya plak yang menyebabkan penyempitan dan menghalangi aliran darah ke otot jantung bisa menyebabkan masalah jantung yang disebutkan di atas, dikenal juga dengan istilah penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner adalah jenis penyakit jantung yang paling umum, dibandingkan dengan penyakit jantung akibat bawaan atau kelainan.

Pola Hidup Sehat Penyintas Jantung

Dari sekian banyak jenis penyakit jantung, sebenarnya sebagian besar dapat dicegah, dengan menjauhi faktor risikonya.

Jika seseorang sudah menderita penyakit jantung, berikut ini pola hidup sehat penyintas jantung yang sebaiknya dilakukan, yaitu:

1. Pilih makanan dan minuman yang sehat untuk jantung

Dengan makanan yang ramah dan sehat untuk jantung tidak membuat jantung bekerja begitu keras. Makanan sehat untuk jantung biasanya mencakup sayur, buah, biji-bijian, hingga kacang-kacangan.

2. Hindari obesitas

Obesitas adalah sumber dari berbagai masalah kronis, di mana lemak dapat memicu perkembangan plak, sehingga tidak heran dapat menimbulkan risiko penyakit jantung. Maka dari itu, penting untuk memiliki tubuh yang ideal.

3. Rajin olahraga

Aktif bergerak seperti olahraga membantu organ-organ tubuh ikut bergerak, dengan demikian dapat membantu melancarkan peredaran darah. Direkomendasikan untuk setiap orang setidaknya berolahraga 150 menit per minggu.

4. Tidak merokok

Pola hidup sehat penyintas jantung yang perlu diterapkan adalah dengan berhenti merokok. Kandungan rokok sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, khususnya bagi jantung, salah satunya karena akan membuat sel darah merah lebih banyak mengikat karbon monoksida dari rokok dibandingkan oksigen.

5. Jaga kondisi penyakit yang mendasari

Beberapa kondisi yang mendasari dan dapat memperparah kondisi penyakit jantung adalah kolesterol, tekanan darah, dan diabetes. Maka dari itu, bagi penyintas jantung harus secara rutin mengontrol penyakit yang mendasari ini. (*)

Baca Juga: Telapak Tangan Sering Keringet Basah, Apakah Tanda Jantung Lemah?