Find Us On Social Media :

Musim Hujan Tiba, Cara Mengatasi Batuk Pilek Anak dengan Titik Pijatan Berikut Ini

Coba redakan gejala penyakit batuk pilek, berikut ini beberapa titik pijat batuk pilek anak.

GridHEALTH.id – Menghadapi cuaca tak menentu, didominasi oleh hujan dan memasuki musim hujan membuat beragam penyakit muncul dan bisa menyerang siapa saja.

Penyakit yang paling sering ditemui saat musim hujan tiba adalah batuk pilek dan anak berisiko lebih besar terserang penyakit ini.

Saat anak mengalami batuk pilek, cobalah redakan gejalanya terlebih dahulu dengan titik pijat batuk pilek anak berikut ini.

Gejala Batuk Pilek pada Anak

Batuk pilek pada anak setiap tahunnya dapat mengalami setidaknya 6 hingga 8 kali dan menjadi lebih sedikit jumlahnya setelah usia 6 tahun.

Beberapa gejala pilek mulai dari 1 hingga 3 hari setelah anak terkena virus flu dan biasanya gejala berlangsung sekitar 1 minggu, namun ada juga yang bisa bertahan hingga 2 minggu.

Baca Juga: Memandingkan Kecerdasan orang India dan Indonesia, dari Vrindavan Lebih Unggul?

Gejala batuk pilek pada anak dapat berbeda-beda, namun secara umum gejalanya meliputi:

- Sulit tidur

- Rewel

- Hidung mampet

- Terkadang muntah dan diare

- Demam.

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Meredakan Batuk Pilek dengan 9 Antibiotik Alami

Selain itu, beberapa gejala batuk pilek pada anak lainnya adalah hidung tersumbat dan berair, tenggorokan gatal, mata berair, bersin, batuk ringan, penyumbatan, sakit tenggorokan, sakit otot dan tulang, sakit kepala, demam ringan, panas dingin, kelelahan esktrim, dan keluarnya cairan dari hidung yang mengental dan berubah menjadi kuning atau hijau.

Penyebab Batuk Pilek pada Anak

Batuk pilek pada anak dapat disebabkan oleh lebih dari 200 virus yang berbeda, yang dapat mengiritasi lapisan hidung dan tenggorokan, tetapi kebanyakan pilek disebabkan oleh rhinovirus.

Virus batuk pilek ini dapat menyebar, dengan cara:

- Melalui udara

Ketika seseorang dengan gejala batuk pilek, sejumlah kecil virus dapat masuk ke udara, kemudian jika anak menghirup udara tersebut maka virus akan menempel di dalam hidung anak (selaput hidung).

- Melalui kontak langsung

Anak yang menyentuh orang yang batuk pilek dapat membuatnya ikut tertular. Pilek mudah menular pada anak-anak, terlebih jika anak sering menyentuh hidung, mulut, dan mata lalu menyentuh orang atau benda lain.

Baca Juga: 3 Makanan yang Bermanfaat Cegah Risiko Penyakit Jantung, Konsumsi Sekarang!

Titik Pijat Batuk Pilek Anak

Sebelum konsumsi obat batuk pilek untuk anak, cobalah redakan dengan memijat titik pijat batuk pilek anak berikut ini:

1. Titik Yingxiang

Titik pijat batuk pilek anak yang pertama ada di titik yingxiang yang terletak di samping kedua sisi hidung tubuh manusia.

Pijatan teratur dapat membantu menghilangkan angin dan dingin, membuka sumbatan hidung, meredakan sakit gigi, dan meningkatkan kemampuan melawan bakteri, sehingga titik ini sangat cocok untuk mengobati hidung tersumbat dan berair hidung setelah pilek.

2. Titik Fengchi

Titik pijat batuk pilek anak lainnya adalah titik fengchi, yang terletak di bagian belakang leher, tepatnya di tonjolan di kedua sisi dua tendon besar di bawah tengkorak, sejajar dengan daun telinga. Bisa dipijat selama sekitar dua menit titik pijat ini.

Fungsi memijat ini selain meredakan gejala batuk pilek, juga bisa meredakan pusing, sakit kepala, pilek, mimisan, kelelahan mata, insomnia, dan gejala lainnya.

3. Titik Dazhui

Selain itu, titik pijat batuk pilek anak yang lain adalah titik dazhui, yang berada di garis tengah posterior, dalam depresi di bawah proses spinosus vertebra serviks ke-7.

Manfaatnya adalah untuk meredakan kondisi eksternal, seperti mengusir patogen, membantu kulit melawan patogen, dan mengurangi epilepsi, kejang, dan gejala lainnya.

4. Titik Kongzui

Titik pijat batuk pilek anak ini berada di lengan bawah, kurang lebih 7 cun di atas lipatan melintang pergelangan tangan, sejajar dengan titik Taiyuan dan Chize.

Dengan memijat titik ini dapat meredakan gejala gangguan pernapasan, seperti batuk, asma, sesak napas. Selain itu gangguan lainnya seperti hidung berdarah, bengkak, nyeri di tenggorokan, wasir, hingga kejang dan nyeri di lengan atas.

Kapan Harus ke Dokter?

Biasanya anak yang mengalami batuk pilek tidak perlu diperiksakan ke dokter, namun beberapa gejala yang perlu diperhatikan sebagai tanda kegawatdaruratan yaitu demam 38 derajat celcius, meningkatnya demam, sakit kepala, tenggorokan, telinga, kesulitan bernapas atau mengi, kurang nafsu makan, rasa kantuk yang tidak biasa, dan lainnya. (*)

Baca Juga: Hari Kesehatan Nasional, Pijat Area Tubuh Berikut Ini Untuk Atasi Batuk dan Pilek