Find Us On Social Media :

Simak Inilah Obat Perontok Asam Urat yang Tersedia di Apotek

Inilah beberapa rekomendasi obat perontok asam urat yang ada di apotek.

GridHEALTH.id – Radang sendi yang menyebabkan bengkak hingga rasa sakit pada persendian biasa dikenal dengan serangan asam urat (gout). 

Kondisi ini bersifat progresif dan kronis, tetapi sebenarnya bisa sangat diobati dan dikelola dengan baik untuk mencegah kekambuhan. 

Berikut ini beberapa obat perontok asam urat yang tersedia di apotek dan bisa menjadi pilihan saat serangan terjadi.

Gejala Asam Urat

Seseorang yang mengalami serangan asam urat, secara umum akan merasakan beberapa gejala asam urat berikut ini:

-  Nyeri sendi hebat

-  Peradangan

-  Kemerahan

-  Rasa sakit dan tidak nyaman

Kondisi ini sering menyerang pangkal jempol kaki, tetapi juga bisa terjadi di kaki depan, pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, dan jari tangan.

Dalam kasus tertentu, asam urat yang tidak diobati dapat memicu kondisi yang lebih parah, seperti batu ginjal atau asam urat berulang.

Penyebab Asam Urat

Penyakit asam urat tidak terjadi begitu saja, kondisi ini bisa terjadi karena adanya proses pengkristalan akibat menumpuknya kandungan asam urat dalam darah.

Baca Juga: Penyebab Kaki Bengkak Akibat Asam Urat dan Cara Mengatasinya

Kandungan asam urat berfungsi untuk memecah purin, yang ditemukan di dalam tubuh dan bisa berasal dari makanan tinggi purin. Jika jumlahnya terlalu banyak atau yang dikeluarkan dari tubuh hanya sedikit maka bisa menumpuk dan membentuk kristal seperti jarum. Kondisi ini yang memicu peradangan dan nyeri pada persendian dan jaringan di sekitarnya. 

Obat Perontok Asam Urat di Apotek

Saat serangan asam urat terasa begitu menyakitkan, bisa coba diredakan dengan obat perontok asam urat di apotek, yaitu:

1. Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS)

Ini adalah jenis obat asam urat di apotek yang bermanfaat untuk meredakan nyeri sendi dan pembengkakan. Jenis OAINS yang umum digunakan adalah ibuprofen, indomethacin, atau celecoxib.

Obat yang dijual bebas adalah ibuprofen yang tetap perlu mengikuti petunjuk di kemasan, sedangkan indomethacin dan celecoxib membutuhkan resep dokter. Obat-obat asam urat ini biasanya digunakan untuk meredakan nyeri sendi dan bisa menimbulkan efek samping yang ringan. 

Beberapa efek samping yang dirasakan setelah meminum obat ini adalah nyeri ulu hati, perut kembung, atau diare. Konsumsi setelah selesai makan dan hentikan konsumsinya saat nyeri sendi telah hilang.

2. Colchicine

Obat perontok asam urat ini juga ada di apotek yang biasa diresepkan dokter untuk meredakan nyeri sendi, dengan mencegah reaksi sel darah putih terhadap kristal asam urat yang memicu rasa nyeri.

Beberapa efek samping yang perlu diperhatikan saat konsumsi obat ini adalah mual, muntah, kram perut, atau diare. Untuk menghindari kondisi ini, dosis obat perlu dikurangi seiring gejala mereda dan menghilang. Penggunaan obat ini perlu sesuai resep dari dokter.

3. Kortikosteroid

Obat perontok asam urat dengan meredakan nyeri sendi adalah kortikosteroid, biasanya menjadi pilihan jika tidak memungkinkan konsumsi OAINS dan colchicine. Jenis obat ini perlu dikonsumsi setelah makan. Jangan konsumsi sembarangan untuk mengurangi risiko terjadinya gejala pencernaan, wajah bengkak, dan bahkan hipertensi.

4. Alopurinol

Ini menjadi salah satu jenis obat perontok asam urat dengan menurunkan kadarnya yang paling umum dan sering diresepkan dokter. Dengan obat ini selain menurunkan kadarnya juga bantu mencegah kekambuhan gejala asam urat. Biasanya dikonsumsi setelah gejala mereda bukan saat terjadinya serangan asam urat. Konsultasikan penggunaan obat ini dengan dokter.

5. Probenecid

Obat asam urat ini juga ada di apotek yang bekerja dengan menghambat penyerapan asam urat di ginjal. Sehingga asam urat berlebih akan dikeluarkan bersama urin. Bagi yang memiliki riwayat penyakit ginjal sebaiknya beritahukan kepada dokter. Sebaiknya juga konsumsi obat ini dengan minum 3 liter air putih setiap hari untuk mencegah pembentukan batu ginjal.

6. Febuxostat

Obat perontok asam urat yang lainnya adalah febuxostat yang bekerja menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Obat ini umumnya masih aman digunakan untuk penderita gangguan ginjal atau hati yang masih ringan. Gunakan resep dari dokter sebelum konsumsi obat ini. (*)

Baca Juga: Obat Asam Urat Tradisional yang Dipercaya Efektif Sampai Sekarang