Find Us On Social Media :

Rambut Tetap Sehat dan Indah Meski Ditutup Hijab Setiap Hari, Ini Caranya

Tips merawat rambut berhijab agar tetap sehat ala Allyssa Hawadi.

GridHEALTH.id – Perawatan rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang penting bagi wanita untuk menunjang penampilan.

Khususnya bagi wanita berhijab, seringkali memerlukan perawatan ekstra agar tetap memiliki rambut yang sehat di tengah beragam risiko gangguan rambut yang dihadapi. Wanita berhijab, bisa coba ikuti tips merawat rambut berhijab agar tetap sehat seperti yang dilakukan oleh seorang influencer sekaligus MUA, Allyssa Hawadi, berikut ini.

Beberapa Jenis Masalah Pada Rambut

Rambut manusia faktanya terdiri dari 79% protein ⍺-keratin yang merupakan protein berserat panjang yang memberikan bentuk dan struktur pada rambut, meskipun keratin ini bisa juga ditemukan di kuku dan kulit.

Disadari atau tidak, ternyata ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan oleh seseorang dan berisiko menimbulkan masalah pada rambut, khususnya pada wanita berhijab. Beberapa masalah pada rambut yang berawal dari kebiasaan kurang tepat, yaitu:

1. Memberikan terlalu banyak ketegangan pada rambut

Rambut yang mendapatkan tingkat ketegangan begitu tinggi bisa menyebabkan rambut rontok. Ketegangan ini bisa berasal dari tarikan berulang kali pada helai rambut. Peningkatan rambut rontok atau patah akan semakin terlihat seiring waktu.

2. Mengenakan hijab saat rambut lembab

Bagi wanita berhijab, mengenakan hijab saat rambut masih basah seringkali dilakukan, padahal kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pada rambut.

Jarang disadari, air menyebabkan diameter rambut membengkak sebesar 14 hingga 16 persen dan memutuskan beberapa ikatan hidrogen yang membentuk dasar struktur rambut. Artinya, rambut menjadi 42% lebih lemah saat basah.

Apalagi, kondisi rambut yang belum sepenuhnya kering dan sudah menggunakan hijab, maka dapat menyebabkan kerusakan rambut yang parah akibat gesekan antara rambut basah dengan bahan kerudung atau hijab.

3. Mengabaikan kesehatan kulit kepala

Dengan kulit kepala yang sehat, maka bisa menjaga kekuatan dan volume rambut, sayangnya banyak orang yang masih tidak terlalu memerhatikan kesehatan kulit kepala.

Khususnya untuk wanita berhijab, kesehatan kulit kepala juga penting, karena saat kulit kepala lembab ditutupi selama berjam-jam dapat menyebabkan kulit kepala gatal atau menimbulkan bau tidak sedap akibat udara lembab yang terperangkap di dalam hijab. Ditambah dengan kondisi lingkungan yang berada di iklim lembab.

Tips Perawatan Rambut Sederhana

Berdasarkan penjelasan yang dibahas dalam diskusi virtual Dyson kemarin (16/03/2023), disampaikan oleh para pakar bahwa setidaknya ada empat tips perawatan rambut sederhana yang bisa diterapkan sehari-hari. Berikut ini beberapa tips perawatan rambut sederhana, yaitu:

Baca Juga: Tips Merawat Rambut yang Berhijab Agar Tidak Rontok dan Berketombe

1. Mencuci rambut

Disebutkan bahwa frekuensi mencuci rambut setiap orang ini sangat bergantung pada seberapa banyak minyak rambut yang dihasilkan oleh seseorang. Jika diperlukan mencuci rambut setiap hari, carilah sampo yang lebih lembut. Hal yang penting adalah tetap mengetahui perawatan pendukung lainnya yang sesuai dengan kondisi rambut, agar rambut tetap sehat.

2. Menggunakan kondisioner

Kondisioner juga menjadi salah satu rangkaian produk terbaik yang bisa digunakan untuk rambut, karena berfungsi melapisi dan melumasi rambut sehingga mengurangi rambut kusut dan mengurangi tanda-tanda kerusakan lainnya. Biasanya digunakan setelah mencuci rambut.

3. Menyisir

Teknik menyisir yang tepat juga menjadi tips perawatan rambut dimulai dari kebiasaan sederhana, dimana menyisir, mengeringkan rambut dengan handuk, menyisir dengan jari menjadi salah satu penyebab kerusakan mekanis pada rambut. Cobalah untuk menyisir dimulai dari ujung rambut untuk mengurai rambut kusut, karena akan mematahkan lebih banyak helai rambut jika memulai dari akar.

4. Pengeringan

Lingkungan dengan tingkat kelembapan yang tinggi juga menyebabkan rambut menyerap lebih banyak air dari udara, sehingga perlu diingat bahwa rambut harus benar-benar kering sebelum menggunakan hijab.

Berinvestasi pada alat perawatan rambut, termasuk dalam alat pengeringan juga dapat membantu mengurangi kerusakan rambut. Salah satunya pengering rambut Dyson Supersonic, yang disebut mampu menghilangkan air dari permukaan rambut dengan aliran udara berkecepatan tinggi, tanpa bergantung pada suhu panas yang ekstrem.

Tips Merawat Rambut Berhijab ala Allyssa Hawadi

Dalam kesempatan yang sama, Allyssa Hawadi yang dikenal sebagai seorang influencer sekaligus MUA juga menceritakan beberapa tips yang biasa dilakukannya dalam merawat rambut meskipun harus berhijab.

Allyssa menjelaskan bahwa dirinya terbiasa untuk memastikan kulit kepalanya harus benar-benar kering sebelum akhirnya menggunakan hijab dan pemilihan bahan ciput juga penting menurutnya untuk membuat rambut tetap bisa bernapas, sekaligus tidak lembab yang berisiko pada timbulnya gatal. Bahan ciput yang biasa digunakannya adalah bahan rajut atau katun.

Selain itu, dirinya juga menyebutkan pentingnya mengganti hijab setiap hari untuk mencegah timbulnya rasa gatal di rambut dan kepala.

“Aku sering liat kalau misalnya orang pakai jilbab berhari-hari ga dicuci, padahal kan sebenarnya sedikit banyak kan menembus ya, kena matahari, keringat. Kalau aku memang tipsnya pastikan jilbabnya dicuci, bahkan biasanya kalau pagi ke siang ada acara, aku tuh ganti buat malemnya, jadi aku dua kali ganti jilbabku,” katanya.

“Kalau kita pakai jilbab itu kan seharian (rambut) kita iket ya, sampai rumah langsung lepas jilbab dan kunciran rambut, karena itu waktu satu-satunya dimana rambut kita bisa terurai dan bernapas,” lanjut Allyssa menjelaskan kebiasaannya dalam merawat rambut saat menggunakan hijab.

Tidak hanya itu, Allyssa juga menyadari betapa pentingnya merawat kulit kepala rambut, sehingga biasanya dirinya akan ke salon untuk melakukan perawatan ini, “Aku juga biasanya sebulan sekali melakukan scalp treatment di salon-salon profesional, biasanya mereka punya scrub untuk scalp treatment,” tutup Allyssa. (*)

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Hyaluronic Acid yang Bisa Jadi Solusi untuk Rambut Kering dan Bercabang, Apa Saja Manfaatnya?