Find Us On Social Media :

Batuk Berdahak, Pijat Dititik pada Tubuh Berikut untuk Mengatasinya

Memiliki batuk berdahak, redakan dengan beberapa titik pijat batuk berdahak berikut ini.

GridHEALTH.id – Saat seseorang mengalami sakit, seringkali salah satu tandanya adalah muncul dahak dalam tubuh, yang bisa mengindikasikan kondisi kesehatan seseorang.

Untuk meredakan ketidaknyamanan dari batuk berdahak, cobalah redakan dengan cara memijatnya. Kenali berikut ini titik pijat batuk berdahak yang bisa diterapkan sebelum minum obat.

Jenis Batuk Berdahak

Batuk berdahak menjadi gejala normal dari kondisi saat seseorang pilek maupun sakit lainnya. Dahak sendiri merupakan jenis lendir tertentu yang berasal dari paru dan tenggorokan, sedikit lebih tebal dari lendir yang diproduksi di hidung dan sinus.

Tidak semua batuk berdahak perlu dikhawatirkan, karena keberadaannya juga membantu membersihkan iritasi dan infeksi dari paru. Namun, saat mengalami batuk berdahak tanpa ada penyakit yang mendasari atau merasa sehat, bisa jadi justru menjadi gejala awal dari kondisi kesehatan tertentu.

Batuk berdahak ada beberapa jenisnya dan bisa mengindikasikan sesuatu yang lebih serius, seperti:

Batuk berdahak bening

Artinya tubuh sedang mencoba mengeluarkan serbuk sari, bulu hewan peliharaan, atau alergen lainnya. Akan tetapi dalam beberapa kasus, kondisi ini juga bisa mengindikasikan kondisi lebih serius seperti bronkitis virus dan pneumonia virus.

Batuk berdahak kuning atau hijau

Ini artinya tubuh sedang melawan semacam infeksi, pada tahap awal dahak berwarna kuning dan berubah menjadi hijau semakin lama infeksi bertahan. Penyakit yang mendasari kondisi ini adalah sinusitis, bronkitis, pneumonia, dan fibrosis kistik.

Batuk berdahak putih

Kondisi ini bisa mengindikasikan beberapa jenis penyakit, mulai dari GERD, COPD, bronkitis virus, gagal jantung kongestif disertai dengan gejala lain seperti sesak napas, kelelahan, hingga kelemahan kaki.

Batuk berdahak hitam (melanoptysis)

Penyebab umum kondisi ini adalah merokok, menghirup debu batu bara atau bahan racun lainnya, hingga infeksi jamur seperti exophiala dermatitidis.

Penyebab Batuk Berdahak

Ada beragam penyebab yang bisa mendasari seseorang mengalami batuk berdahak, beberapa diantaranya karena infeksi, alergi, penyakit paru seperti asma dan lainnya, hingga GERD.

Faktor gaya hidup dan kondisi lingkungan juga bisa menyebabkan seseorang mengalami batuk berdahak, seperti:

Baca Juga: Batuk Berdahak Sekaligus Hidung Meler, Bisa Jadi Bukan Bapil Biasa Lagi tapi Tanda Penyakit Serius Ini

- Merokok atau menghirup asap rokok

- Dehidrasi

- Konsumsi minuman dengan kandungan alkohol atau kafein

- Terlalu banyak menghabiskan waktu di daerah yang kering

Titik Pijat Atasi Batuk Berdahak

Kenali berikut ini beberapa titik pijat atasi batuk berdahak, yang bisa dicoba dari rumah:

1. Titik Tiantu

Titik ini menjadi titik tengah sternoklavikula kiri dan kanan, yang saat memijat titik ini dapat memiliki efek melebarkan dada dan mengatur energi tubuh. Selain itu, membersihkan paru dan melegakan napas, sehingga dapat digunakan untuk mengobati gejala batuk, sakit tenggorokan, hingga asma.

2. Titik Yunmen

Titik pijat atasi batuk berdahak ini berada di ujung luar bagian bawah klavikula, yaitu depresi antara tepi atas otot pectoralis mayor dan klavikula. Manfaat titik pijat ini adalah membersihkan paru, menghilangkan masalah pernapasan, meredakan batuk termasuk batuk berdahak dan asma.

Selain itu, titik pijat ini disebut juga dapat mengobati gejala seperti nyeri dada, mengi, hingga gejala batuk lainnya.

3. Titik Taiyuan

Titik pijat lainnya yang bisa digunakan untuk titik pijat batuk berdahak adalah titik taiyuan yang berada di atas garis horizontal, di pergelangan tangan dan di bawah titik tenar ibu jari. Cobalah memijat titik ini saat hendak mengurangi batuk berdahak.

Titik taiyuan juga disebut memiliki efek menyegarkan paru dan energi tubuh, meredakan batuk, dan mengurangi dahak, bisa juga untuk mengobati gejala seperti pilek, batuk, bronchitis, asma, dan nyeri dada.

Jika dengan memijat beberapa titik pijat atasi batuk berdahak ini dirasa tidak membawa perubahan, maka jangan dibiarkan apalagi bila sudah mengganggu. Segera temui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. (*)

Baca Juga: Obat Alami Batuk Berdahak, Mulai dari Kayu Putih Hingga Jeruk