Find Us On Social Media :

Aneka Pilihan Obat Cina Mengatasi Nyeri Sendi dan Tulang, Bisa Dicoba

Zheng Gu Shui, salah satu obat Cina untuk atasi nyeri sendi dan tulang.

 

 

GridHEALTH.id – Rasa nyeri seringkali dan mungkin dialami oleh siapa saja, kondisi ini dapat terjadi di berbagai macam area tubuh, mulai dari sendi, tulang, dan bagian lain dari tubuh.

Bicara mengenai nyeri sendi dan tulang, keduanya adalah hal yang serupa namun sebenarnya tidak sama. Mengalami kondisi ini tentu sama-sama terasa menyakitkan, untuk itu dalam meredakan rasa nyeri yang muncul bisa menggunakan obat Cina atasi nyeri sendi dan tulang berikut ini.

Simak manfaat dan aturan pakai yang perlu diperhatikan dari penggunaan obat Cina nyeri sendi dan tulang berikut ini.

Gejala dan Penyebab Nyeri Sendi dan Tulang

Pada dasarnya bicara mengenai nyeri sendi dan tulang, sendi sendiri terbentuk dari beberapa tulang yang saling terhubung, bisa dikatakan sendi merupakan celah yang ada di antara dua tulang yang saling terhubung.

Nyeri sendi artinya kondisi yang menyebabkan rasa tidak nyaman, sakit, atau peradangan pada sendi-sendi di dalam tubuh. Sedangkan nyeri tulang merupakan kondisi yang terjadi karena adanya sesuatu yang menyebabkan tulang mengalami gangguan dan meradang.

Gejala nyeri sendi biasanya lebih khas dengan rasa nyeri yang tidak terlalu terasa di pagi hari, namun semakin lama bisa semakin buruk bahkan sepanjang hari.

Untuk nyeri tulang, biasanya ditandai dengan tidak hanya menyerang satu tulang, namun bisa mengenai beberapa tulang, dengan tekanan hebat di bagian tulang, kram, bengkak, serta gangguan tidur.

Penyebab nyeri sendi dan tulang akan berbeda-beda, mulai dari cedera saat olahraga, kecelakaan, kekueangan mineral, penyakit yang mendasari, infeksi, hingga penyakit yang me nghambat aliran darah ke tulang.

Perbedaan Nyeri Sendi dan Tulang

Untuk memastikan secara pasti seseorang mengalami nyeri sendi atau tulang, maka dapat melihat dari tingkat keparahan dan kekambuhannya.

Dimana biasanya nyeri tulang akan terasa lebih sakit dibandingkan nyeri sendi atau otot, dengan rasa yang lebih tajam dan seperti ditusuk-tusuk. Apalagi jika nyeri disebabkan oleh patah tulang.

Sedangkan nyeri sendi biasanya nyeri muncul lebih ringan, kemungkinan tidak semua orang selalu merasakannya, namun tetap ada beberapa kondisi yang bisa membuat rasa sakit yang muncul tidak tertahankan dan sangat mengganggu.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Makanan yang Efektif Menurunkan Asam Urat Jahat

Jika dilihat dari perbedaan frekuensi kekambuhan, nyeri sendi bisa dikategorikan lebih jarang kambuh dan baru muncul saat menggerakan bagian sendi yang meradang atau bengkak.

Sedangkan nyeri pada tulang, rasa sakitnya mungkin akan dirasakan sepanjang waktu dan mudah kambuh, bisa muncul saat tubuh sedang beristirahat atau tidak melakukan apapun.

Obat Cina Atasi Nyeri Sendi dan Tulang, Zheng Gu Shui

Saat mengalami nyeri sendi dan tulang, obat Cina bisa menjadi salah satu pilihan yang digunakan untuk meredakan nyeri. Salah satu obat Cina nyeri sendi dan tulang yang terkenal di Indonesia adalah Zheng Gu Shui.

Obat ini merupakan jenis obat gosok murni, yang dipercaya dapat bekerja cepat mengobati beragam masalah, seperti mengatasi retak, patah tulang, memar, luka, keseleo, hingga masalah terkait rematik. Dengan manfaat lainnya adalah meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan statis darah, mengendurkan otot, mengurangi pembengkakan dan rasa sakit, serta menghilangkan rasa lelah sebelum dan sesudah olahraga.

Hasil uji pada tikus menyatakan, penggunaan obat ini memiliki efek antiinflamasi pada peradangan kaki dan dapat menurunkan nyeri. Pada luka terbuka yang menggunakan obat ini dapat menimbulkan toksisitas akut, sehingga tidak disarankan untuk penggunaan pada luka.

Aturan Pakai Zheng Gu Shui, Obat Cina Nyeri Sendi dan Tulang

Pastikan tidak ada luka terbuka atau masih basah sebelum menggunakan Zheng Gu Shui sebagai obat Cina nyerii sendi dan tulang.

Obat Zheng Gu Shui merupakan jenis obat yang digunakan untuk pemakaian luar dan tidak boleh diminum. Hindari juga penggunaan di area mata dan mulut. 

Bagi anak-anak, wanita hamil, wanita yang tengah menstruasi dan menyusui, dan orang tua atau orang dengan kelemahan tertentu perlu menggunakannya di bawah bimbingan dokter.

Penggunaan obat lain juga perlu dibicarakan dengan dokter sebelum menggunakan obat ini. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan kapas ke dalam cairan obat ini untuk kemudian digosokkan secara ringan di area yang dituju.

Dalam kasus yang parah, bisa rendam kapas dengan cairan obat ini dan oleskan ke area yang nyeri selama 1 jam, sebanyak 2-3 kali sehari.

Kapan Harus ke Dokter?

Jika dalam penggunaan obat Cina nyeri sendi dan tulang ini dilakukan selama tiga hari tidak juga mereda, atau justru mengalami kemerahan lokal, bengkak, nyeri, keterbatasan gerak dan gejala tidak nyaman lainnya maka disarankan untuk menemui dokter. (*)

Baca Juga: Inilah Obat Cina yang Efektif Sembuhkan Sariawan, Bisa Dicoba