Find Us On Social Media :

Alami Stres karena Kerjaan Menumpuk? Inilah 5 Cara Mengatasinya

Mengatasi stres kerja secara cepat.

GridHEALTH.id - Stres di tempat kerja adalah kondisi yang tidak bisa dihindari.

Pemicunya bisa macam-macam, mulai dari situasi lingkungan hingga beban kerja yang menyebabkan pekerjaan menumpuk.

Meskipun stres di tempat kerja umum terjadi, tapi kondisi ini bila dibiarkan tidak hanya menyebabkan efek negatif pada kesehatan mental, tapi juga fisik.

Mengutip Verywell Mind, efeknya bersifat ringan hingga serius. Untuk efek yang ringan, seseorang yang stres di tempat kerja lebih sering terkena batuk pilek.

Sedangkan jika kondisinya lebih serius, dampaknya bisa meningkatkan potensi penyakit jantung dan sindrom metabolik.

Sementara untuk mental, berdasarkan penelitian di Harvard University, menemukan stres karena pekerjaan yang belarut berkaitan dengan gejala kecemasan dan depresi.

Tips Mengatasi Stres Kerja

Karena risiko-risiko itulah, kondisi ini perlu segera diatasi agar tidak berlanjut lebih lama.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres kerja.

1. Istirahat sebentar

Dilansir dari PsychCentral, jika memungkinkan menjauh dari sumber stres di tempat kerja.

Misalnya dengan pergi ke toilet, berjalan-jalan di sekitar kantor selama beberapa menit, ubah tugas yang sedang dikerjakan, atau menonton video yang menghibur.

Jika tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan lain yang mengharuskan pindah dari tempat duduk, cobalah alihkan fokus pada detail benda yang ada di sekitar.

Baca Juga: Penyebab Tidak Bisa BAB di Pagi Hari, Faktor-Faktor yang Perlu Diketahui