Find Us On Social Media :

Perdarahan Implantasi, Tanda Awal Kehamilan yang Tak Disadari

Perdarahan implantasi terjadi ketika telur yang dibuahi menempel pada dinding rahim wanita untuk memulai proses pertumbuhan kehamilan.

 

GridHeALTH.id - Kebanyakan orang, terutama perempuan, mengenali bahwa tanda terjadinya kehamilan adalah tak kunjung haid.

Padahal, ada berbagai tanda lain yang menunjukkan kehamilan, di antaranya tes kehamilan positif, mual dan muntah, ada perubahan pada payudara dan puting, atau sering buang air kecil.

Tanda lain yang sering membuat perempuan tak menyangka dirinya tengah hamil adalah munculnya flek, atau bercak darah yang mirip menstruasi.

Baca Juga : Dewi Penjual Jamu Dengan 8 Anak Tiap Tahun Hamil, Ini Fakta Tentang Jarak Kehamilan

Memang biasanya muncul lebih sedikit, disebut pula sebagai tanda Hartman.

Menurut Dr.Caroline Tirtajasa, spesialis kebidanan dan kandungan, dikutip dari Kompas.com (26/08/2010), flek ini terjadi saat implantasi atau menempelnya embrio pada dinding rahim atau uterus.

Perdarahan implantasi (implantation bleeding) ini umumnya terjadi sekitar 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi (pembuahan) atau sedikit lebih awal ketimbang datangnya waktu menstruasi.

Perdarahan implantasi terjadi ketika telur yang dibuahi menempel pada dinding rahim wanita untuk memulai proses pertumbuhan kehamilan.