Find Us On Social Media :

Bahaya Tusuk Gigi Tertelan, Dari Melukai Jantung Hingga Merobek Usus

Tusuk gigi tertelan terbuat dari kayu memang dikenal cukup berbahaya karena 80% orang yang pernah melakukannya bisa mengalami luka sobek di usus.

GridHEALTH.id- Tusuk gigi biasanya digunakan untuk membantu mengeluarkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Tapi sebaiknya digunakan hati-hati, karena tusuk gigi tertelan bisa berbahaya, bahkan bisa merenggut nyawa. 

Baca Juga : Operasi Plastik Senilai 1 Miliar, Nita Thalia Alami Kelumpuhan Wajah

Hal ini dialami oleh seorang remaja 18 tahun yang hampir tewas gara-gara tusuk gigi.

Dilaporkan oleh The New England Journal of Medicine, tusuk gigi tertelan bisa merusak tubuhnya menyebabkan pendarahan serius ketika tidak sengaja tertelan. Semua bermula ketika sang remaja yang terdaftar sebagai atlet profesional berkunjung ke daerah tenggara Amerika Serikat (AS). Di tengah perjalanan ia mengeluh sakit perut, demam, dan diare hebat hingga harus dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Namun dokter tidak menemukan apa-apa setelah cek darah dan CT scan sehingga sang remaja dikembalikan ke hotelnya. Kondisi yang sempat membaik kembali parah ketika dua minggu kemudian dirinya pergi ke daerah barat AS. Kali ini sang remaja mengeluh nyeri pinggang, demam, dan buang air besar berdarah tak berhenti. Analisa laboratorium menemukan kalau ia mengalami infeksi bakteri di darah. "Kultur darah yang telah diambil 11 jam sebelumnya mengungkapkan Klebsiella pneumoniae dan gram positif cocci. Tes diagnostik dilakukan," tulis dokter dalam jurnal seperti dikutip pada Jumat (1/2/2019). Dokter di Massachusetts General Hospital terkejut ketika akhirnya menemukan sebatang tusuk gigi berukuran lima sentimeter menancap di dinding usus.

Baca Juga : Olive Oil Hilangkan Selulit, 3 Makanan Ini Juga Tak Kalah Berkhasiat

Ketika dicabut ternyata tusuk gigi dalam kondisi sudah menembus arteri sehingga sang remaja mengalami perdarahan berbahaya. Beruntung dokter masih bisa menyelamatkan nyawanya dengan operasi darurat.