Find Us On Social Media :

11 Langkah Mewujudkan Organ Intim Wanita Sehat dan Juga Memesona

11 cara merawat organ intim wanita sehat selalu sehat dan memesona

GridHEALTH.id – Menjaga organ intim wanita adalah keharusan. Karena hanya dengan seperti itu wanita bisa memiliki organ intim sehat.

Cara mejudukan organ intim wanita yang sehat mudah, cukup dengan melakukan 11 Langkah di bawah ini, seperti yang diutarakan dr. Junita Indarti SpOG., dari Divisi Sito Patologi, Departemen Obstetri dan Ginekologi, FKUI/RSCM:

1. Bersihkan vagina setiap habis buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB).

Air yang digunakan untuk membasuh mesti bersih, yakni air mengalir yang langsung dari keran. Penelitian menguak air dalam bak/ember di toilet-toilet umum mengandung 70% jamur candida albicans.

Baca Juga : Sering Risih Karena Bau? Bisa Jadi Bakteri ini Bersarang di Vagina

Sedangkan air yang mengalir dari keran di toilet umum mengandung kurang lebih 10-20% jenis jamur yang sama.

Kebersihan vagina juga berkaitan erat dengan trik pembasuhannya. Yang benar adalah dari arah depan (vagina) ke belakang (anus) dan bukan dari anus ke arah vagina.

Cara yang disebut terakhir itu hanya akan membuat bakteri yang bersarang di daerah anus masuk ke liang vagina dan mengakibatkan gatal-gatal. Setelah dibasuh, keringkan Mrs. V dengan handuk lembut agar tidak basah.

2. Menyeimbangkan ekosistem vagina

Cara ini paling ampuh untuk mencegah timbulnya infeksi.

Kelembapan ideal vagina berkisar antara pH 3,8–4,2. Dengan tingkat keasaman tersebut, bakteri baik lactobacillus akan subur sementara bakteri patogen akan mati sehingga infeksi pun dapat dicegah.

Baca Juga : 7 Makanan dan Minuman yang Baik Bagi Kesehatan Organ Intim Wanita