Find Us On Social Media :

Kelainan Tulang Kaki Anak, Bila Diketahui Sejak Dini Dapat Disembuhkan

Sebagian besar kelainan tulang pada anak dibawa sejak lahir, namun ada juga akibat salah posisi digendong, adanya tumor/kanker, trauma atau cedera (jatuh/kecelakaan) yang menyebabkan fraktur dan dislokasi.

GridHEALTH.id.- Perlu diketahui orangtua, terdapat beberapa kelainan tulang kaki anak, terutama pada segi bentuknya.

Namun kasus yang paling sering ditemukan adalah clubfoot (congenital talipes quinovarus), kaki O (genu varus), dan kaki X (genu valgus).

Baca Juga : Anak SD Dihukum Push Up Ratusan Kali, Ini Bahayanya Bagi Pertumbuhan Tulang

Sebagian besar kelainan tulang kaki anak dibawa sejak lahir, namun bisa akibat salah posisi digendong, adanya tumor/kanker, trauma atau cedera (jatuh/kecelakaan) yang menyebabkan fraktur dan dislokasi.

Pada umumnya kelainan tulang kaki anak dapat disembuhkan. Menurut Dokter Spesialis Orthopedi  Ifran Saleh dari RS Medistra, seperti dikutip dari Tabloid Nakita, anak yang mengalami kelainan tulang kaki anak dapat diberikan pelayanan khusus untuk keperluan anak-anak yang memiliki masalah atau kelainan pada sistem muskuloskeletal (tulang, sendi, dan otot). 

Berikut ini adalah sejumlah kelainan tulang kaki anak yang paling kerap ditemui;

1. Club foot

Adalah kelainan pada bayi dimana kaki bayi biasanya akan lebih kecil dari ukuran normal, terutama bagian tumit.

Terlihat pula posisi kaki mengarah ke bawah dan belakang. Hal ini dapat mengenai satu kaki atau kedua kaki.

Meski saat bayi tidak akan merasakan nyeri, namun pengobatan clubfoot harus segera dilakukan karena seiringnya pertumbuhan anak.

Baca Juga : Justin Bieber Kapok Lakukan Seks Sebelum Menikah, Ini Dampak Psikologis Lakukan Seks Bebas

Jika tidak diberesi sejak dini, club foot dapat menyebabkan permasalahan berat bagi perkembangan anak, seperti gangguan dan nyeri saat berjalan, kerusakan tulang rawan sendi, dan gangguan kosmetik.