Find Us On Social Media :

Orang Jepang Paling Disiplin Sedunia, Ternyata Begini Model Pendidikannya Sejak Kecil

Teratur dan tertibnya orang jepang sudah diajarkan sejak kecil.

GridHEALTH.id- Mendengar kata "Jepang", selain negara dan bahasanya, orang Jepang sangat identik dengan budaya disiplinnya yang tinggi. Belajar dari orang Jepang, mereka dididik sangat keras sejak kecil.

Baca Juga : Strategi Efektif Mendisiplinkan Batita, Ini Cara Mudah Menerapkan

Jadi liburan ke Jepang, bukan cuma soal destinasi bagus tapi juga budaya. Salah satunya yang paling mencolok adalah budaya disiplin.

Menurut orang Jepang, orangtua adalah cermin bagi anak. Jika orangtuanya disiplin, maka anak akan disiplin. Itulah mengapa, budaya disiplin bisa sangat menonjol di Jepang.

Tak heran jika anak Jepang diajarkan disiplin sejak kecil. Caranya dengan meniru orangtuanya saat menjalankan hal-hal yang butuh kedisiplinan.

Contoh kecilnya dari antre saat naik transportasi umum. Bagi wisatawan yang pernah melancong ke Jepang, lihatlah bagaimana teratur dan tertibnya orang jepang saat naik kereta. Hal seperti itu, sudah diajarkan sejak kecil.

 

Pun terhadap peraturan-peraturan. Ada tanda larangan merokok, maka dilarang merokok di situ. Bagi orang Jepang, melanggar aturan adalah suatu rasa malu.

Apakah semua itu terjadi secara tiba tiba? Tentu tidak. Ada poses pendidikan panjang yang dilalui orang Jepang sehingga memiliki kedisiplinan dan daya juang yang tinggi.

Baca Juga : Minum 2 Gelas Air Putih Sebelum Makan, Bisa Turunkan Berat Badan

Semua berawal sejak mereka kecil. Orangtua, sekolah, lingkungan dan pemerintah memiliki peran yang besar menjadikan kedisiplinan menjadi karakter yang mendarah daging pada orang Jepang.