Find Us On Social Media :

Memeluk Pasangan, Cara Sehat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi!

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 14 Maret 2019 | 07:15 WIB

Memeluk pasangan adalah salah satu cara sehat menurunkan tekanan darah tinggi.

 

GridHEALTH.id - Darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup sering terjadi di kalangan masyarakat Indonesia.

Baca Juga : Tak Banyak Diketahui, Deretan Obat Bebas Ini Ternyata Bisa Sebabkan Hipertensi

Darah tinggi atau hipertensi ini dapat terjadi ketika tekanan darahyang mengalir di dalam tubuh kita menjadi lebih tinggi dan diatas tekanan darah normal yang dianjurkan.

Biasanya, tekanan darahyang normal pada manusia adalah berkisar pada angka 120–140 mmHg untuk kisaran besaran yang di atas (sistolik), dan 80–90 mmHg untuk kisaran besaran di bawahnya (diastolik).

Seseorang akan didiagnosis memiliki tekanan darah yang tinggi ketika menunjukkan angka di atas 140/90.

Hipertensi tidak bisa anda anggap remeh karena berdampak pada aneka gangguan kesehatan, misalnya stroke, serangan jantung, gagal ginjal, pecahnya pembuluh darah arteri dan gangguan pada mata yang disebut retinopati hipertensif.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ketika hipertensi terjadi, pembuluh darah arteri akan mengeras sehingga aliran darah akan menurun.

Ketika tidak ada darah yang cukup menyuplai oksigen ke berbagai bagian tubuh, apalagi jantung, maka hal itu akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan, termasuk serangan jantung, stroke dan penyakit kardiovaskuler lainnya.

Baca Juga : Sering Tak Disadari, Ini Kebiasaan Sepele Penyebab Ginjal Bermasalah

Maka dari itu penting bagi kita untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Bila sudah mempunyai darah tinggi, tentunya dokter akan memberikan obat agar tekanan darah stabil.