Find Us On Social Media :

Penyebab Glaukoma Ternyata Bukan Cuma Diabetes, Ini Penjelasannya

Glaukoma adalah kerusakan saraf mata akibat meningkatnya tekanan pada bola mata.

GridHEALTH.id - Glaukoma adalah kerusakan saraf mata akibat meningkatnya tekanan pada bola mata.

Baca Juga : Hati-hati Gunakan Tetes Mata Sebab Berisiko Timbulkan Glaukoma

Meningkatnya tekanan bola mata ini terjadi akibat gangguan pada sistem aliran cairan mata. Seseorang yang menderita kondisi ini dapat merasakan gejala berupa gangguan penglihatan, nyeri pada mata, hingga sakit kepala.

Pada dasarnya, mata memiliki sistem aliran cairan mata (aqueous humour) ke dalam pembuluh darah. 

Aqueous humour itu sendiri adalah cairan alami yang berfungsi menjaga bentuk mata, memasok nutrisi, dan membersihkan kotoran pada mata.

Ketika terjadi gangguan pada sistem aliran cairan ini akan menyebabkan penimbunan cairan aqueous humour dan meningkatkan tekanan pada bola mata. Meningkatnya tekanan pada bola mata kemudian dapat merusak saraf optik.

Selama ini kita menyangka, penyakit diabetes adalah penyebab utama munculnya glaukoma. Namun ternyata dibates tidak menyebabkan glaukoma secara langsung.

Baca Juga : Penyebab Kaki Bengkak, Ada yang Sepele Hingga Perlu Penanganan Dokter

"Diabetes memang penyakit sistemik. Organ yang paling sering diserang adalah ginjal dan mata. Makanya, bisa terkait dengan glaukoma sekunder atau glaukoma neovaskular. Tapi, diabetes bukan penyebab utamanya," tutur Emma Rusmayani, Spesialis Mata di Spumante, Jakarta Pusat seperti dikutip dari merdeka.com.