Find Us On Social Media :

The Trash Bag Project, Spanduk Bekas Pemilu Bakal Didaur Ulang Agar Tak Jadi Sampah Plastik

Spanduk bekas pemilu tidak akan berakhir sebagai sampah plastik, tetapi didaur ulang.

GridHEALTH.id - Sebentar lagi pemilihan umum (Pemilu) usai, dan kita sudah membayangkan akan ada berton-ton sampah spanduk dari seluruh Indonesia.

Baca Juga : Dikira Sampah, 5 Bagian Sayur dan Buah Ini Bermanfaat Bagi Kesehatan

Asal tahu saja, sejak (Pemilu) maupun Pilkada (Pemilihan Daerah) menganut sistem pemilihan langsung, makin banyak kandidat yang mempromosikan diri lewat bentangan spanduk.

Masalah kembali muncul setelah memasuki minggu tenang hingga pemilu usai. Spanduk yang sudah tak terpakai dan tak terangkut akan menjadi tumpukan sampah baru.

Berangkat dari hal itu, sebuah perusahaan yang bergerak dalam manajemen sampah, Parongpong, meluncurkan The Trash Bag Project.

Melalui akun Instagram @parong.pong, perusahaan yang berbasis di Parongpong, Kabupaten Bandung Barat itu mengajak kita mengumpulkan spanduk-spanduk alat peraga kampanye yang ada di sekitar ke sejumlah titik pengumpulan. Parongpong menyediakan dua titik, yakni di Jakarta dan Bandung.

Spanduk bekas kampanye pemilu itu nantinya akan dimanfaatkan sebagai material pembuatan wadah usaha pengelolaan sampah untuk acara Happiness Festival 2019. Kegiatan tersebut akan digelar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, pada 27-28 April 2019.

Baca Juga : Dikira Stres Kerja, Presenter Ini Alami Tumor Otak Seperti Sang Ibu, Begini Gejalanya

"Berkerja sama dengan @softex_id kami akan menjahit material tak terpakai ini menjadi kantong sampah multi pakai untuk sampah residu yang kelak akan diolah menggunakan hydrothermal reactor kreasi @golimbah," tulis akun tersebut, Rabu, 10 April 2019.