Find Us On Social Media :

Tak Sebersih Dikira, Tirai Rumah Sakit Berpotensi Munculkan Superbug

Tirai privasi yang menjadi sekat antarpasien di rumah sakit ternyata berpotensi munculkan superbug.

GridHEALTH.id - Di setiap rumah sakit yang kamarnya berbagi dengan pasien lain, atau di tempat panti jompo di seluruh dunia mungkin selalu ada tirai yang menjadi pembatas antarpasien.

Tirai yang disebut tirai privasi termasuk benda yang jarang dibersihkan. Inilah yang menyebabkan sebuah penelitian lantas menemukan bahwa tirai privasi di seluruh dunia telah terkontaminasi. 

Baca Juga : Spons Cuci Piring Seminggu Sekali Diganti, Kalau Tidak Akan Menjadi Sarang 362 Lebih Jenis Bakteri

Tirai privasi yang sulit dibersihkan di rumah sakit dan panti jompo di seluruh dunia mungkin terkontaminasi oleh serangga yang resistan terhadap obat mematikan.

Para peneliti menemukan, penelitian telah membuktikan, lebih dari seperlima dari 1.500 sampel yang diambil dari enam fasilitas perawatan pasca-akut di Amerika Serikat dipenuhi dengan satu atau lebih bakteri berbahaya, termasuk supebbug rumah sakit MRSA (Methicillin-resistant Staphylococcus aureus ).

 

Hampir 20.000 kematian terkait MRSA terjadi di AS pada tahun 2017, sebagian besar dari mereka berasal dari infeksi yang didapat di rumah sakit, menurut Pusat Pengendalian Penyakit AS (US Centers for Disease Control)

"Patogen pada tirai privasi ini sering bertahan dan memiliki potensi untuk dipindahkan ke permukaan dan pasien lain," kata Lona Mody, seorang dokter dan peneliti untuk University of Michigan Medical Center.

"Karena tirai privasi digunakan di seluruh dunia, ini adalah masalah global."

Baca Juga : Aturan Mandi di Saat Puasa, Jangan Berlama-lama Karena Bikin Kulit Kering

Perbandingan bakteri yang ditemukan pada pasien dan tirai menunjukkan bahwa keduanya sering terkontaminasi dengan strain yang sama.