Find Us On Social Media :

Studi, Pemberian Air Gula Saat Imunisasi Bisa Tenangkan Bayi

Dengan memberikan air gula, tangisan bayi bisa reda dengan lebih cepat.

 

GridHEALTH.id - Sebuah studi dari London belum lama ini mengungkap, makanan manis yang diberikan kepada bayi sesaat sebelum diimunisasi, dapat menenangkan bayi.

Baca Juga : Amerika Serikat Krisis Campak, Orangtua Bakal Dihukum Bila Anaknya Tak Imunisasi

Sebetulnya, masyarakat awam sudah banyak melakukan, setelah imunisasi biasanya bayi akan diberikan makanan atau minuman manis. Ini bukan hanya untuk membujuk mereka, namun karena gula memang bisa menenangkan bayi ketika diimunisasi.

Tim peneliti Cochrane mengamati 14 penelitian yang melibatkan 1.500 bayi ketika menjalani imunisasi atau berurusan dengan jarum suntik.

Bayi yang diberikan larutan gula untuk diminum menangis lebih sedikit dibandingkan dengan bayi yang diberi air biasa.

Meski begitu, hingga saat ini belum jelas apakah gula hanya meredakan tangisan bayi atau ikut membantu meredakan rasa sakit.

Penelitian yang diterbitkan oleh Lancet beberapa tahun lalu juga mengamati 44 bayi yang menjalani tes darah. Mereka memberikan air gula dan air saat sedang disuntik.

Baca Juga : Nikita Mirzani Tak Izinkan Dipo Jenguk Anaknya, Ini Risiko Tumbuh Kembang Anak Tanpa Kehadiran Ayah

Tampaknya air gula tidak memberi perubahan pada rasa sakit. Semua bayi menunjukkan rasa sakit dan mimik kesakitan yang sama ketika diukur menggunakan EEG pada wilayah otak yang merasakan sakit.