Find Us On Social Media :

Jangan Salah Pilih Teman, Risikonya Pinggang Bisa Makin Melebar

Teman yang baik tidak akan membujuk dan memengaruhi diet kita.

GridHEALTH.id - Orangtua kita zama dulu sering mengingatkan, jangan sampai kita salah memilih teman. Bisa-bisa moral kita rusak karena salah bergaul, misalnya terjerat narkoba atau menjadi nakal secara kriminal.

Baca Juga : Iri Pada Teman yang Jarang Sakit? Contek Gaya Hidup Sehatnya Seperti Ini

Petuah itu tetap bisa kita pegang hingga kita sendiri menjadi dewasa dan menjadi orangtua. Tapi sepertinya perlu ditambah bahwa memilih teman juga dapat berpengaruh pada kesehatan kita.

Ya, lingkungan pertemanan dapat menentukan berbagai hal yang kita alami dan miliki. Namun siapa sangka bahwa lingkungan pertemanan ini juga dapat menentukan seberapa besar lingkar perutmu.

Pernahkah kita mengalami ketika tengah diet dan membatasi makan, namun hal itu seketika terhenti ketika berjumpa kawan-kawan? Biasanya diet yang sudah kita canangkan bakal kalah oleh ajakan teman-teman untuk jajan makanan-makanan tertentu.

Lingkungan pertemanan ini ternyata memiliki peran sangat besar dalam diet yang kita jalani. Dilansir dari Times of India, sebuah penelitian mengungkapkan hasil temuan yang mengejutkan ini.

Sebuah penelitian yang baru dilakukan menyebut bahwa obesitas menyebar secara sosial. Penelitian ini dilakukan oleh University of Southern California terhadap perilaku keluarga tentara. Terdapat 1314 orang tua dan 1111 anak-anak yang dilibatkan pada penelitian ini.

Baca Juga : Obat Anti Mabuk, Diminum Sebelum atau Saat Perjalanan? Ini Jawaban Ahli

"Penyebaran sosial pada obesitas memiliki arti bahwa jika semakin banyak orang di sekitar kita mengalami obesitas, maka hal ini dapat meningkatkan peluang kita menjadi obesitas juga. Secara tak sadar, kita terpengaruh dengan tindakan orang di sekitar. Jika kita berada pada lingkungan yang tak berolahraga, maka kita akan mengikutinya. Ini lah pengaruh sosial dari hal tersebut," tulis hasil penelitian tersebut.