Find Us On Social Media :

7 Tanda Tubuh Terkena Batu Ginjal, Salah Satunya Kencing Darah

Waspadai gejala-gejala batu ginjal yang muncul agar cepat tertangani.

GridHEALTH.id -Penyakit batu ginjal atau kencing batu umum terjadi, yang biasanya menyerang orang yang berusia di atas 40 tahun, dan lebih banyak diderita kaum pria.

Batu di ginjal adalah endapan keras yang terbentuk dari zat yang ada di air kencing. Prosesnya disebut nephrolithiasis.

Baca Juga : Wow, Sering Berhubungan Intim Ternyata Bisa Keluarkan Batu Ginjal!

Penyakit batu ginjal atau kencing batu ini biasanya berukuran sangat kecil atau bisa mencapai sekitar beberapa inci. Ukuran batu yang lebih besar yang mengisi saluran yang membawa kencing dari ginjal ke kandung kemih disebut batu staghorn.

Asal tahu saja, sepertiga dari orang-orang di dunia memiliki kondisi adanya batu pada ginjal mereka, tapi hanya setengahnya yang punya gejala batu ginjal.

Meski tanpa gejala, batu pada  ginjal bisa menimbulkan masalah, seperti infeksi dan penyumbatan aliran kencing. Batu yang tersangkut di kandung kemih akan menyebabkan kencing batu dan memunculkan banyak gejala.

Banyak pakar kesehatan mengatakan, batu ginjal dipicu oleh kebiasaan mengonsumsi minuman yang tinggi zat kapur atau beberapa jenis mineral lainnya. Kandungan inilah yang akhirnya bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Baca Juga : Studi: Sering Makan Sendirian Bisa Timbulkan Masalah Kesehatan

Berikut adalah beberapa tanda batu ginjal yang sebaiknya kita waspadai;

1. Merasa nyeri saat buang air kecil

Gejala yang paling jelas dari munculnya batu ginjal adalah munculnya sensasi nyeri saat kita sedang melakukan buang air kecil.

Hal ini disebabkan oleh batu ginjal yang sudah cukup padat di dalam ginjal atau saluran kemih yang membuat kita merasakan adanya hambatan yang memicu sensasi nyeri saat buang air kecil.

Dalam banyak kasus, hal ini juga bisa menyebabkan urine sulit dikeluarkan dengan tuntas akibat tersumbat batu ginjal.