Find Us On Social Media :

Mengenal Vaksin Smallpox Yang Bisa Mencegah Wabah Cacar Monyet

Vaksin smallpox bisa mencegah terjadinya penularan monkeypox.

  GridHEALTH.id - Munculnya penyakit monkeypox atau cacar monyet di Singapura membuat otoritas kesehatan di Indonesia menjadi siap siaga.

Berbagai tindakan antisipstif pun dilakukan untuk mencegah masuknya virus cacar monyet ini, seperti pemasangan perangkat thermal scanner (alat pemantau suhu panas tubuh) di setiap bandara Indonesia.

Baca Juga: Fakta: Monkeypox alias Cacar Monyet Jauh Lebih Ringan dari Cacar Air

Monkeypox merupakan penyakit zoonosis virus atau penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia. Meskipun dikatakan penyakit yang jauh lebih ringan, tapi monkeypox bisa saja berakibat fatal bila tidak ditangani dengan baik.

Menanggapi hal ini, pakar biokimia dan biologi molekuler dari Universitas Gadjah Mada (UGM) mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir.

Dilansir dari kompas.com, Profesor Wayan Tunas Artama, koordinator One Health Collaborating Center (OHCC) UGM menyebut bahwa masyarakat Indonesia tidak perlu takut dengan penyebaran cacar monyet ini. Hal itu karena penyakit ini kurang lebih serupa dengan cacar pada manusia yang disebabkan oleh smallpox (penyakit cacar).